Hari ini sekitar pukul setengah lima sore, aku melihat seseorang sedang berjongkok sambil menunduk di pinggir taman kota.
Kupikir dia adalah salah satu, ehm, gelandangan kota yang sedang menangis atau mengais sesuatu.
"Hei."
Aku menepuk pundaknya pelan hingga ia mendongak menatapku.
Saat itulah aku tahu, bahwa aku sudah salah mengira.
Ia seorang perempuan berdress putih panjang di bawah lutut, umurnya kira-kira lebih tua tiga tahun dariku.
Wajahnya cantik dan segar, pipinya tirus, dan matanya lebar. Jika disuruh memberi nilai maksimal 10, maka aku akan memberi 9.5 untuk visualnya.
[●][●]
"Sedang apa?"
Entahlah, tapi aku merasa melakukan hal yang tidak jelas sekarang; ikut berjongkok di sampingnya.
"Ini. Bermain dengan ini." Ia menunjuk rumput di depannya.
"Dengan rumput?"
Ia menggeleng. "Bukan.. Ini mimosa pudica."
Dahiku berkerut mendengarnya. Ia tadi bilang apa? Mimo--dica?
Karena penasaran, aku mendekat ke arah rerumputan yang ia sebut--mimodica-- atau apapun itulah. Dan spontan, aku seolah bergumam... "Ooo.."
Itu adalah tanaman putri malu yang sepertinya akan menguncup, mengingat sekarang sudah sore.
[●][●]
"Mimosa pudica adalah nama latin dari putri malu.." ucapnya, suaranya lirih dan menenangkan.
"Kau menunggunya kuncup?" tanyaku penasaran.
"Begitulah. Sebenarnya aku ingin malam hari tidak membuat tanaman ini kuncup."
"Mengapa?" tanyaku spontan.
Ia mengendikkan bahunya, "Entahlah..." dan kemudian tersenyum.
Sadar atau tidak, aku mengulurkan tangan ke arahnya..
"Namaku Xiao De Jun. Xiao Jun."
Sebisa mungkin aku tersenyum manis. Jujur saja--menurutku--gadis ini unik.
Responnya hanya sebuah senyuman yang lebih manis dari senyumku. Hanya itu. Tanpa berniat memberi tahuku namanya.
Baiklah.. Aku akan memanggilnya Nona Mimo saja, karena ia menyukai mimosa pudica.
Sampai jumpa lagi, nona..
Hehehehhe.. enaknya teks nya aku bikin di tengah gitu atau di pinggir aja?
Btw, buat yg mau follow tapi takut gak difolbek, tulis di wall/chat aja, ok? 😅😆
Dan, aku sangat sangat senang kalau ada yang sksd. HEHEHEH. ayo ber-sksd gaes! 💕💖
KAMU SEDANG MEMBACA
MIMOSA PUDICA •xiaojun•✔
ContoApa yang Xiaojun rindukan, itu yang ia lupakan. @beraskukus