Dear Salihah,
Muslimah yang telah memilih menutup aurat dengan hijab (baju jilbab dan kerudung) adalah sebuah anugerah besar yang patut disyukuri. Bersyukurlah karena dengan aurat yang kau jaga, tubuhmu dapat selamat dari dahsyatnya panas neraka.
Di balik anugerah itu pula, terselip tanggung jawab yang amat besar. Namun percayalah bila amanah ini Allah berikan padamu, tentu Allah paling memahami kondisimu. Dia pasti paham seberapa kokoh pundakmu mampu menahan amanah itu.
Ingatlah Firman Allah
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya" (QS. Al-Baqarah: 286).
يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ
"Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu" (QS. Al-Baqarah: 185).
Amanah setelah berhijab memang besar. Karena setelah berhijab kamu akan disorot, mulai dari ucapan dan juga tingkah polahmu. Ucapan dan tingkah laku yang biasa dilakukan perempuan yang tidak berhijab, kemudian masih dilakukan oleh yang sudah berhijab akan menjadi sangat berbeda, bahkan bisa jadi sangat menghebohkan orang-orang di sekitarmu.
Sebut saja misalnya, sudah berhijab tapi masih pacaran. Tentu orang akan menilai negatif. Hijaban, kerudungan, kok pacaran. Atau sudah berhijab tapi masih suka bergosip ria. Orang lain akan memandang buruk. Hijaban kok sukanya ghibah. Nah lho. Sudah berhijab, tapi buang sampah masih sembarangan. Nah Lho. Sudah berhijab, tapi kepada sesama masih cuek-cuek aja. Nggak peka.
Fenomena di atas mungkin saja terjadi pada orang-orang di sekitarmu. Atau kamu juga mengalami problem yang mirip-mirip meskipun tak sama persis. Bukan berarti kita menunda atau menanggalkan hijab karena berbagai problem tersebut. Tidak begitu juga, melainkan jadikanlah hijab yang kamu kenakan membuatmu semakin terpacu untuk terus memperbaiki diri, meng-upgrade diri, dan membuatmu menjadi sosok muslimah hebat dambaan umat.
Itu semua, jika masih terus dilakukan, bukan kamu sendiri yang ternodai, melainkan hijab yang kamu kenakan bahkan hijab secara umum menjadi bahan celaan orang. Disitulah betapa besarnya amanah yang harus kamu jaga. Tugasmu adalah mengharumkan citra seorang muslimah yang memang mulia, bukan malah menjatuhkannya hingga orang menjadi enggan bahkan menjadi jauh dari hijab dan syariah Islam.
(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ (٢٧
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan juga janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." (QS. al-Anfaal : 27).
Salihah, menjaga amanah memang berat, tapi percayalah insya Allah kamu bakalan kuat.
Jika kamu punya problem dan ingin berbagi, silakan DM aja. Insya Allah akan diulas dalam update-an #WonderfulMuslimah
KAMU SEDANG MEMBACA
Wonderful Muslimah
EspiritualWonderful Muslimah. Rasulullah bersabda: Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah. (HR. Muslim dari Abdullah bin 'Amr r.a) Cinta, Inspirasi, dan Motivasi yang Menjadikanmu Pribadi Menawan Hati. Semoga kutipan da...