Muslimah Salehah, Predator Ilmu

1.6K 143 0
                                    

طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Mencari ilmu itu merupakan kewajiban bagi seorang muslim. (Hadits shahih riwayat Ibnu Adi dan Baihaqi dari Anas radhiyallahu 'anhu )

Dear salehah, meskipun hadis tersebut redaksinya adalah perintah untuk muslim, tapi sebenarnya juga berlaku untuk para muslimah. 

Yang pertama dan paling utama adalah mempelajar ilmu agama sebagaimana dikatakan Ibnu Hazm. Beliau berkomentar, "Menjadi kewajiban bagi wanita untuk pergi dalam rangka mendalami ilmu agama sebagaimana hal ini menjadi kewajiban bagi kaum laki-laki. Setiap wanita diwajibkan untuk mengetahui ketentuan-ketentuan agama berkenaan dengan permasalahan bersuci, shalat, puasa dan makanan, minuman, serta pakaian yang dihalalkan dan yang diharamkan sebagaimana kaum laki-laki, tanpa ada perbedaan sedikitpun di antara keduanya. Mereka juga harus mempelajari berbagai tutur kata dan sikap yang benar baik dengan belajar sendiri maupun dengan diperkenankan untuk bertemu seseorang yang dapat mengajarinya. Menjadi kewajiban para penguasa untuk mengharuskan rakyatnya agar menjalankan kewajiban ini". (Al Ihkam fii Ushulil Ahkam 1/413 dalam Para Ulama Wanita Pengukir Sejarah, hlm. 7).

Dear muslimah, kita memang hidup bukan di zaman Rasulullah, namun dalam masalah semangat kita nggak boleh kalah dengan para muslimah generasi shahabiyah. Mereka amat bersemangat sebagaimana kaum laki-laki untuk mereguk ilmu dari Rasulullah.

Dari Abu Sa'id Al Khudriy radhiyallahu 'anhu, ia mengatakan bahwa ada seorang wanita menghadap Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam seraya berkata, "Wahai Rasulullah, kaum laki-laki telah memborong waktumu. Oleh karenanya peruntukkanlah untuk kami sebuah waktu khusus yang engkau tetapkan sendiri. Pada waktu itu kami akan mendatangimu lalu engkau ajarkan kepada kami ilmu yang telah Allah ajarkan kepadamu."

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lantas bersabda, "Berkumpullah kalian pada hari ini dan ini di tempat ini." Kaum wanita pun berkumpul, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lalu mendatangi mereka dan mengajari mereka ilmu yang telah Allah ajarkan kepada beliau shallallahu 'alaihi wa sallam." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha ia berkata, "Sebaik-baik wanita adalah wanita dari kaum Anshar. Rasa malu tidak menghalangi diri mereka untuk mendalami ilmu agama." (HR. Muslim)

Dear muslimah, reguklah ilmu hingga kau disinari cahaya ilmu dan tentu saja cahaya itu bukan hanya dirimu yang menikmatinya, melainkan putra-putramu kelak akan bercahaya karena ilmu yang kau punya. 

Inspirasi bacaan: 
muslimah.or.id


Jika kamu punya problem dan ingin berbagi, silakan DM aja. Insya Allah akan diulas dalam update-an #WonderfulMuslimah  

Wonderful MuslimahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang