Kalau berjalan sekadar di jalanan tol, sungguhlah tak akan menemukan kerikil mungil, bebatuan, atau pun hewan liar yang melintas. Ada kelebihan rasa nyaman selama menempuh jalanan lurus tanpa tikungan tajam atau pun relief serupa bukit-bukit meskipun tak tinggi. Lancar.
Kalau berteman hanya bersama orang-orang yang telah berbuat baik, amat sedikit kemungkinan untuk mencari solusi atas permasalahan-permasalahan persahabatan. Hari-hari damai disisipi kalimat-kalimat "cerah" lagi menguatkan.
Kalau bersedekah sekadar sedekah, anak-anak kecil juga mampu menggulung uang kertas lalu buru-buru menyelipkan ke dalam celah kotak infak di sisi pintu masjid. Bahkan sebagian dari mereka telah berhasil dididik tentang makna ikhlas.
Kalau hijrah sekadar karena merasa penasaran dan ikutan langkah teman, adakah lagi alasan yang menguatkan bahwa kelemahan paling menyakitkan di antara sekian kelemahan adalah bertahan dalam ujian hijrah? Mungkin saja, itulah alasan bahwa kemunduran yang pelan-pelan mengecilkan ruang untuk maju adalah amat menyedihkan karena alasan utama berhijrah bukan lillaah.
Lalu, muslimahku, jalan mana yang ingin kita pilih? Hendak bersahabat dengan siapa sajakah kita? Bersiapkah kita menyediakan ruang ikhlas seluas-luasnya dalam dada?
Memilih barangkali merupakan fase yang kadang membingungkan, namun Allaah selalu punya cara-cara tak kasat mata menyentuh hati hamba-Nya serta perlahan memberikan tuntunan.
Allaah ada dan kuat menyatu dalam kumpulan doa kita.
Berdoalah jika pilihan terasa amat berat.
Berdoalah jika dadamu kian terasa sesak dihimpit duka-duka.
Berdoalah jika semangat hijrahmu makin ke sini kian tandas dan butuh selalu dikuatkan.
Teruslah melangitkan doa-doa, ukhti. Boleh jadi, doa-doa loyalmu yang diiringi amal-amal sederhana namun lillaah menjadi alasan terkuat untuk penyegeraan pengabulan oleh Allaah. Segera diberi sebab sekat-sekat dalam diri telah hilang dan luruh diasingkan oleh amalan baikmu.
Selamat memilih dan bertahan.
Selamat berlelah-lelah hingga tua nanti jika diizinkan-Nya. ;") -f
Allaahu a'lam.
🌷BAGIMU (MUSLIMAH) YANG INGIN MENGUSULKAN TOPIK RENUNGAN, SILAKAN SAMPAIKAN KE KITA. ;)
JZK. THANKS, TERIMA KASIH.
Ttd.
Diarihidupkita
KAMU SEDANG MEMBACA
DIARIHIDUPKITA DAN RENUNGAN BERHIJRAH
Spiritual#Alhamdulillaah ON GOING Buku sederhana ini berisi cerita ringan dan renungan tentang muslimah berhijrah. Semoga berkenan membacanya hingga akhir. 📗 Salam, dari muslimah yang masih tertatih dalam berhijrah.📓📓 "bekerja sama dengan OA @sudutjiwa (s...