Entah dengan cara apa seorang anak pengamen mampu memberi sebagian rezekinya kepada kakek di pinggir sungai. Anak itu memilih untuk menemani suap demi suap agar kakek tak gemetar karena menahan lapar. Ia duduk di sebelah kakek yang terlantar itu.
"Kakek mau tambah ndak?" tanya anak.
"Brrrrgghh....eeeeehhmp.."
Tak kuasa bicara, kakek mengulum entah kalimat apa di lisannya."Lanjutlah, Kek. Nanti kalau kurang, tolong kakek kode dengan memegang ini." Sebuah kertas koran yang kemudian akan menjadi tanda.
Tak ada koran yang dipegang oleh si kakek. Lima menit berlalu setelah kakek menghabisi nasi uduk, si anak tidak berada di posisi yang sama.
Ke manakah dia?
😥
Beberapa menit kembali rontok dan kini cahaya matahari telah menjadikan jari-jari kakek kering dari sisa kuah dan beberapa butir nasi yang tadinya lengket.
Zzzztttt.... Seorang pemuda menghampiri kakek.
Ia memberi isyarat bahwa seorang anak baru saja kecelakaan dan nyawa tak terselamatkan. Si pengamen wafat. 😥
Tak ada kalimat yang terlontar. Dua-duanya sama-sama tunawicara.
Air mengalir deras dari kedua mata kakek. Daun-daun kering berlomba ditiup aliran angin. Koran pun kini telah jauh tersapu gulungan angin yang dikendalikan-Nya. Langit benar-benar kelam. Sebentar lagi hujan.
🌾
Sahabat, semoga ada hikmah di balik kisah singkat tersebut. Sungguh, barangkali ketulusan sang anak patut kita teladani. Tindakan terpuji yang amat baik jika kita sama-sama berusaha menerapkan dalam perjalanan berhijrah. Akan ada saat yang meminta kita untuk berbagi kepada orang-orang berkebutuhan. Semuanya memohon agar kita ikhlas.
Dengan cara apa kita membantu? Menjadilah hatimu selembut hujan. Yang penerimaannya melebihi luas samudera. Yang rangkulannya melebihi dari rangkulan seorang ibu. TULUS dan KEKAL MENYAYANGI.
Nanti, akan ada hadiah istimewa untuk kebaikanmu. Yakinilah :) Ada Surga. Sungguh. -f
Allaahu a'lam.
🍁
BAGIMU (MUSLIMAH) YANG INGIN MENGUSULKAN TOPIK RENUNGAN, SILAKAN SAMPAIKAN KE KITA. ;)JZK. THANKS, TERIMA KASIH.
Ttd.
Diarihidupkita
KAMU SEDANG MEMBACA
DIARIHIDUPKITA DAN RENUNGAN BERHIJRAH
Spiritual#Alhamdulillaah ON GOING Buku sederhana ini berisi cerita ringan dan renungan tentang muslimah berhijrah. Semoga berkenan membacanya hingga akhir. 📗 Salam, dari muslimah yang masih tertatih dalam berhijrah.📓📓 "bekerja sama dengan OA @sudutjiwa (s...