MEMPERTAHANKAN PRINSIP YANG TAK MUDAH

116 3 0
                                    

Andai membangun sebuah rumah hanya bisa sekejap mata atau sekadar mengetik pesan dalam digit huruf monitor HP, barangkali nihil rumah-rumah kardus yang tidak layak huni. Pun, akan sirna raga-raga berselimut kardus di sisi-sisi ruko kala lipatan malam kian tebal dan pekat.

Andai menanam padi semudah menghidupkan kipas angin, maka tak perlulah para petani terjaga kala kantuk masih awet lalu buru-buru menyiapkan bekal dan menyandang tas ke sawah. Mereka juga tak lagi berlelah-lelah dan rela bertabrakan hampir tiap hari dengan cahaya matahari serta angin-angin di sana.
😥
Hampir dalam segala hal kita berkenalan dengan sebuah kata: proses. Sebagaimana proses pembangunan rumah dan penanaman padi di sawah.

Tak ada yang instans, bukan? Kita mau tidak mau mesti berlapang dada bersahabat secara baik dengan segala pahit atau juga manisnya proses. Ya, sungguh proses itulah yang kemudian mengajarkan kita tentang penghargaan. Menghargai setiap hal yang pada mulanya tak mudah untuk diupayakan.

Kita belajar tentang cara terbaik mengapresiasi hal-hal luar biasa atau pun yang sederhana namun bermakna. Menghargai para buruh yang rela bersimpuh peluh demi tegaknya rumah. Menghargai wajah-wajah yang hari demi hari kulit mereka kian aus disengat cahaya terang dari langit-Nya.

Sungguh, kesabaran, ketelitian, dan kesetiaan akan meminta segalanya selama kamu berproses dalam berhijrah. Kalaupun terasa melelahkan, yakinilah berkali-kali bahwa hanya surga sebagai satu-satunya tempat kita beristirahat serta bercanda selamanya dengan orang-orang tersayang. Di sanalah juga buah dari sulitnya meyakinkan orang-orang tentang keteguhan prinsip.

Ya, bertahanlah meski sesekali langkahmu tersandung ujian kala meyakinkan mereka. Allaah tak pernah salah meletakkan ujian kepada hamba-Nya.

Ya, teguhlah dalam memperjuangkan prinsip-prinsipmu selama berhijrah. Perlahan, bisa jadi keteguhan itulah yang menjadi alasan bagi mereka untuk simpati padamu. Mereka tersentuh lalu turut menikmati indahnya berhijrah. Memang tak mudah, tapi hadiahnya amat berharga--surga. -f

Allaahu a'lam
😥
BAGIMU (MUSLIMAH) YANG INGIN MENGUSULKAN TOPIK RENUNGAN, SILAKAN SAMPAIKAN KE KITA. ;)

JZK. THANKS, TERIMA KASIH.

Ttd.

Diarihidupkita

DIARIHIDUPKITA DAN RENUNGAN BERHIJRAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang