Dua hari kemudian, Serena berdiri di depan ruangan perawatan Rafi dengan cemas, tangannya menggenggam tangan suster ana setengah menangis. Matanya semakinberkaca-kaca ketika mendengar suara teriakan dari dalam. Teriakan Rafi,
"Suster...." hati Serena terasa di iris-iris, menyadari bahwa suara pertama yangdikeluarkan Rafi setelah 2 tahun adalah teriakan kesakitan.
"Tidak apa-apa Serena, itu pertanda bagus, Rafi memang kesakitan, mereka sedangmelepas selang di tenggorokan dan di dadanya, tetapi kalau Rafi bisa mengeluarkansuara, itu pertanda kondisinya sudah semakin membaik." suster Ana menggenggamtangan Serena, membagikan kekuatannya.
Suara teriakan itu terdengar lagi, begitu serak hingga Serena hampir tak mengenalinya.Air matanya mulai menetes satu-satu tanpa dapat ditahannya,
"Berapa lama lagi suster?" menunggu di luar seperti ini terasa bagaikan siksaan yangpaling mengerikan.
"Sebentar lagi, nanti mereka akan mengizinkanmu menemuinya," dengan lembut susterAna mengusap-usap Serena, "dia harus melalui ini Serena, dan nanti akan banyakkesakitan lagi, tapi ini proses penyembuhan, dia pasti akan sembuh."
Serena menganggukkan kepalanya, memejamkan matanya, menunggu.
Penantian itu terasa begitu lama, lama sekali sampai tim dokter dan perawat keluar danmengizinkan Serena masuk,
Dengan hati-hati, Serena melangkah masuk ke ruangan perawatan Rafi. Ruangan yang sangat akrab, sangat dikenalinya. Tetapi sekarang berbeda, Rafinya tidak tidur.Rafinya tidak menutup mata, dia bangun, sadar dan hidup. Hati Serena sesak oleheuforia yang membuncah.
Serena duduk di sebelah ranjang, dan Rafi langsung menyadari kehadirannya, tangannyamembuka dan dengan lembut Serena menyelipkan jemarinya kesana,
"Hai", sapa Serena lembut.
Rafi tersenyum, lalu mengeryit karena gerakan sederhana itu ternyata menyakitinya,
"Sa...kit", gumamnya susah payah.
Serena tersenyum lembut, sebelah tangannya mengusap dada Rafi yang kurus, berhati-hati agar tidak menyentuh luka di dadanya,
"Mereka sudah melepas selang di tenggorokan dan dadamu", Rafimengeryit lagi,"Berapa lama?", suaranya serak dan terpatah-patah, "Apanya?""Tidur... Berapa lama?" Serenamendesah lembut,"Dua tahun", jawabnya pelan. Dan langsung menerima tatapan penuh kesedihan dariRafi, "Tapi dua tahun tidak terasa lama kok, yang penting kau bangun, kau berjuang danaku bangga padamu." sambung Serena cepat-cepat.
Rafi tampak sedikit lega mendengar penjelasan Serena, tapi lalu dia mengernyit lagi,
"Mama... Papa....?"
Serena menggenggam tangan Rafi erat-erat, "Merekameninggal pada saat kecelakaan itu Rafi."Dan hati Serena bagaikan diremas-remas ketika melihat Rafi memejamkan mata danmenangis, dengan lembut diusapnya air mata Rafi, dikecupnya pipi lelaki itu yang pucatdan tirus,
"Tapi aku yakin mereka sudah tenang disana. Mereka pasti bahagia sekarang,mengetahui kau sudah sadar."
Rafi membuka matanya dan menatap Serena lembut, "Maaf.""Kenapa?" Serena mengernyit. "Karena... Kau...Ditinggal..sendiri..." Air mata ikut mengalir di pipiSerena,
"Aku tidak apa-apa, lihat? Aku sehat dan baik-baik saja. Aku bertahan buat kamu. Dan sekarang kamu yang harus berjuang buat aku ya, kamu harus berjuang untukpulih lagi, bersamaku."
Rafi mengangguk dan memejamkan mata, percakapan singkat itu membuatnya begitukelelahan,
Dengan lembut Serena mengusap rambut Rafi,
"Istirahatlah sayang, tidurlah, aku akan ada saat kau terlelap, aku akan ada saat kaubangun lagi."
Dengan lembut Serena terus mengusap rambut Rafi sampai nafas lelaki itu berubahteratur dan tertidur pulas.
"Dia kuat, dia akan baik-baik saja."
Suara dari arah pintu yang terdengar tiba-tiba itu mengejutkan Serena, dia menoleh danmendapati dokter Vanessa sudah berdiri di sana, entah sejak berapa lama.
"Dokter Vanessa?"
Vanessa tersenyum dan melangkah mendekat,
"Yah kau pasti tidak menduga kedatanganku, aku kesini bersama seseorang." Vanessa mengedikkan kepalanya ke arah pintu, Serena mengikuti arah pandangan Vanessadan wajahnya memucat melihat Freddy berdiri di sana, tidak melangkah masuk, hanyaberdiri di ambang pintu dengan ragu-ragu.
"Dia datang untuk minta maaf." jelas Vanessa lembut begitu melihat ekspresi takut Serena, "dia sudah meminta maaf kepada Damian dan Damian mengusirnya,menyuruhnya meminta maaf padamu karena kaulah yang dilukainya."
Damian. Nama itu melintas di benak Serena. Damian dan pernyataan cintanya. Tiba-tibadada Serena terasa penuh, tapi lalu dia mengernyit. Tidak, dia harus membunuhperasaan apapun itu yang muncul untuk Damian. Dia harus fokus kepada Rafi,
"Mungkin kita bisa berbicara di luar?" Vanessa berucap setengah berbisik, melirik keRafi yang sedang tertidur pulas.
Serena mengangguk mengikuti dokter Vanessa sampai ke ujung lorong, dengan diam-diam Freddy mengikuti mereka.
"Maaf," gumam Freddy ketika mereka sudah ada di lorong yang sepi, dia mengeryitsedikit ketika melihat bahwa Serena menjaga jarak kepadanya, sedikit berlindung dibelakang Vanessa, terlihat takut kepadanya.
Freddy mengusap rambutnya penuh perasaan bersalah, "aku sendiri tak tahu setan apa yang menghinggapiku saat itu, aku salah paham dan berbuat fatal... Mungkin akumemang pantas menerima luka-luka akibat semua pukulan ini...." Freddy mencobamenatap Serena selembut mungkin, menunjukkan ketulusannya sebesar mungkin agarSerena yakin, "kumohon jangan takut kepadaku Serena, aku minta maaf, aku benar-benar menyesal, aku malu."
Kata-kata itu merasuk ke dalam jiwa Serena, dia menatap lelaki di depannya ini. Diamemang tidak terlalu akrab dengan pengacara Damian ini, mereka berinteraksi hanya kalau perlu dan kebanyakan Freddy hanya berinteraksi dengan Damian,mengabaikannya. Tetapi sekarang lelaki ini terlihat begitu tulus, tulus dan berantakan, dengan memar di mana-mana, meskipun tidak mengurangiketampanannya.
Serena mencoba menganguk dan memunculkan senyum kecil meskipun dia masihmenjaga jarak,
"Iya", jawabnya pelan.
Freddy menatap Serena dalam-dalam, mencari kepastian di sana, dan yang dilihatdi mata Serena adalah ketulusan,
"Aku dimaafkan?" tanyanya pelan. Serena akhirnya tersenyum lepas, "Iya."Dengan lembut Freddy membalas senyuman Serena,
"Sekarang aku tahu kenapa hati Damian yang keras itu bisa melumer menjadi begitulembut." gumamnya pelan, membuat pipi Serena merona.
Dengan lega Vanessa menarik napas panjang,
"Kalau begini masalah sudah selesai," Vanessa menoleh ke arah Freddy, "nah Freddybisakah kau ke tempat lain dulu? Aku ingin berbicara berdua dengan Serena, percakapandokter dengan keluarga pasien, kau tahu."
Freddy meringis dengan pengusiran itu, lalu mengangguk,
"Oke, telpon aku kalau kalian sudah selesai." gumamnya dan membalikkan tubuhmelangkah pergi setengah diseret mengingat kondisinya yang babak belur setelahdihajar habis-habisan.
Mereka berdua menatap kepergian Freddy dan Vanessa tersenyum, "Diasangat menyesal kau tahu."Serena mengangguk,
"Saya mengerti," lalu Serena menatap Vanessa dengan penuh ingin tahu, "Dokteringin berbicara tentang apa kepada saya?" kecemasan tampak terdengar dari suaraSerena, apakah terjadi sesuatu dengan Rafi?
Vanessa tersenyum mencoba menenangkan Serena,
"Tenang saja, Rafi akan baik-baik saja. Aku sudah berbicara dengan dokter yangmenangani Rafi, dia bilang Rafi bisa kembali pulih meski proses pemulihannya bisaberlangsung lama," dengan lembut Vanessa menggenggam tangan Serena, "Serenaapakah dokter sudah memberitahukan kepadamu tentang kemungkinan....Kemungkinan bahwa Rafi bisa lumpuh selamanya?"
Serena mengangguk, tidak tampak terkejut,
"Pada saat Rafi jatuh koma pun, dokter sudah memberitahukan kemungkinan itu kepadasaya, dokter bilang kalau meskipun nanti Rafi sadar, dia bisa lumpuh selamanya."
"Tapi kemungkinannya tidak seratus persen, masih ada harapan 20 persen bahwaRafi bisa berjalan lagi kalau dia ada di tangan yang tepat....."
"Maksud dokter?", Serena mengernyitkan keningnya,
"Maksudku, aku merekomendasikan diriku untuk merawat Rafi, kau tahu aku sedang mendalami spesialisasi pemulihan tulang dan saraf, jadi aku bisa merawat Rafidengan baik..... Nanti ketika dia sudah boleh keluar dari rumah sakit, Rafi harus terusmenjalani terapi dengan begitu masih ada kemungkinan dia bisa berjalan lagi."
"Apakah.... Apakah dokter diminta Damian melakukannya?" Serena menatap dokterVanessa sedikit curiga. Kebaikan hati perempuan cantik di depannya ini tampak diluardugaan, apakah Damian memaksa dokter Vanessa menawarkan ini kepadanya?Vanessa mengangkat bahu dan tersenyum lagi,"Damian memintaku memang, tapi bukan itu alasan aku ingin merawat Rafi," Vanessamenepuk pundak Serena hangat, "Kau tahu almarhum suamiku.... Dia meninggal dalamkecelakaan beruntun di jalan tol, kecelakaan yang sama yang menewaskan kedua orang tuamu dan melukai rafi.""Astaga", Serena menutup mulutnya dengan jemarinya, terkejut,"Yah astaga", Vanessa tersenyum, "dunia ini sempit bukan? Kadang kebetulan- kebetulan yang terjadi sering membuatku bertanya-tanya," tatapan Vanessa berubahserius, "tapi sungguh Serena, kondisi Rafi ini kupandang sebagai kesempatan kedua,aku tidak bisa merawat suamiku pada saat itu, tapi kurasa Tuhan memberiku kesempatan untuk merawat korban yang selamat dari kecelakaan yang sama, itupunkalau kau mengizinkan."Serena menganggukkan kepalanya, terharu,"Iya dokter, saya akan senang dan lega sekali menyerahkan perawatan Rafi di tangandokter."***
KAMU SEDANG MEMBACA
A Romantic Story About Serena by Santhy Agatha
عاطفيةSinopsis : Dalam hidupnya, Impian Serena hanyalah ingin menjadi perempuan yang biasa-biasa saja. Dia ingin menikah dengan Rafi kekasihnya, membentuk keluarga kecil yang bahagia, lalu seperti akhir kisah klise lainnya: bergandengan tangan di usia sen...