T for 'Teenage-Parents'

1.7K 248 65
                                    

"Baba...Tolong cek popoknya Azy dong, Bubu masih mandi!"

"Baba...tolong bikinin susu dong!"

"Baba...boleh gendongin Azy bentar ga? Pegel ni,"

Punya anak ternyata gak semudah bikinnya, kata Adam. Selama tinggal di rumah Mamih pas proses penyembuhan Althaf, dia agak kebantu. Pas Azy masuk minggu ketiga, pasangan itu mulai nempatin rumah mereka sendiri. Iya, bertiga tanpa pembantu. Alasannya cukup simpel. Althaf gamau anaknya dipegang orang kecuali yang udah dia kenal banget. Hampir sama kek ibu 0403 pada umumnya. Alhasil dia dan Adam kerepotan. Apalagi Adam udah mulai masuk kuliah dan kerja lagi, sementara Althaf ambil program online.

Tapi Azy lumayan pengertian. Dia nggak terlalu rewel dan seolah paham kalo ortunya baru mulai lagi buat nata kehidupan akademik yang sempat tertunda. Alhasil, dia jadi manja banget sama eyang-eyangnya. Kalo ada eyangnya dateng, siapapun itu, dia pasti gak mau lepas. Kalo dilepas bisa nangis. Apalagi sama Yangpih sama Eyangbro alias papih sama Yanda. Wah, CS banget tuh si Azy dibanding sama bapaknya sendiri. Kalo ada eyang, Baba mah nomer sekian. Bahkan, untuk bikin Adam kesel, Yanda bilang, "utukutuk...anak Eyang~"

ANAK EYANG LHO :')

Tapi, hal itu nggak bikin Adam nyerah hingga suatu hari dia ngelarang siapapun ngunjungin Azy! Hari Sabtu dia luang dan pengen seharian di rumah bareng anak istri. Gaada yang boleh ganggu. Katanya mah mau bonding, bangun keakraban antara Azy dan ortu-remajanya itu.

Althaf udah seharian di kamar nyusuin Azy dan ngajak dia main. Gitu aja mulu kerjaannya. Azy pun terlalu gemes buat ditinggal. Sementara, Adam yang lagi nyelesaiin kerjaan di studio pribadinya, di lantai dua rumah baru mereka pun ngecek mereka setengah jam sekali sampe akhirnya dia nyerah dan mutusin buat bawa Azy keluar kamar.

Adam : Yuk, sama Baba dulu yuk. Bubu biar mandi sama mamam..

Prihatin Adam tu kalo liat Althaf kecapekan ngurus Azy sendirian. Makanya dia lebih banyak kerja di rumah, ngusahain bikin lagu sambil rekaman bareng bandnya di rumah juga. Toh kalo deket anak-istri bisa lebih keluar kan inspirasinya.

Althaf : Bang, nitip Azy agak lama ya, Adek mau mompa ASI dulu abis itu mandi..

Althaf bersyukur, walau dia uke, dia bisa nyusuin dengan wujud biologisnya sekarang dan dikaruniai ASI yang lumayan banyak. Bisa ngimbangin Azy yang minumnya agak brutal kek Adam dulu.

Adam ninggalin Althaf di kamar, ngasih ruang biar Althaf leluasa mompa. Sementara dia dan si kecil jalan ke taman belakang yang sekarang udah jadi satu sama halaman belakang rumah Yanda. Eittt, tapi Adam nggak serta merta ke sana, takut ada Yanda atau Ibun terus Azy malah nemplok ke mereka.

Dasar protektif.

Azy sekarang udah mulai bisa nunjukin ekspresi macem-macem. Udah bisa senyum tipis kalo lagi tidur dan udah bisa melek walau agak maksa. Inget, siapa yang ngasih gen mata sipit ke dia. Bobotnya pun gak sekecil pas dia lahir. Udah agak gembil sekarang, jadinya Baba sama Bubunya harus tahan-tahan biar gak nyipok pipi Azy berlebihan.

Adam : Nak, tumben ih kamu nggak rewel pas Baba gendong gini..

Adam ngintip ke dalem selendang gendongannya. Iya, Adam suka banget gendongin Azy pake selendang batik. Katanya vintage. Bayangin aja, cowok senyebelin Adam pake kaos lengan pendek, pake celana selutut, sendal jepit, dan gendong anak pake selendang. Udah kek bapak-bapak di kampung. Pundaknya jadi sering pegel sebelah. Tapi terbayarkan pas Azy cuma bisa tidur kalo digendong selendang dan ngusel ke ketek Babanya! Seenggaknya itu prestasi ayah muda kita ini, orang tercepat yang bisa bikin Azy bobo pas kebangun di tengah malam. Ini juga kekurangajaran si bayi, dateng pas lagi butuh :')

Kadang, Althaf curiga, Azy bobo bukan karena anget, tapi pingsan gegara ketek bapaknya.

Adam : Tanda-tanda nih udah nyusu terus ngusel ketek Baba, ngantuk ya Nak?

Azy gerak dikit dan nyari 'sumber kehangatan' yang dulu dipake sama Althaf pas lagi hamil dan ngidam. Fyi, Althaf pernah ngidam tidur diketekin Adam. Tapi dalam keadaan Adam udah mandi. Pas belum mandi, dia mah maunya jauh-jauh. Eh keterusan sampe Azy lahir dan si kecil ngikutin kebiasaan itu. Bedanya ini kondisi apapun Azy mau ngusel.

Adam bawa masuk Azy, tapi dia nggak bawa ke kamar. Dia ngambil matras bayi dan masuk ke studio. Setelah mastiin suhu AC normal, Adam naruh matras di sofa dan nidurin Azy. Gak lupa dia naruh guling kecil di kanan kiri Azy. Biar bayi kecil itu nggak rusuh tidurnya.

Pas mau digeletakin, eh malah bangun dong doi! Padahal Adam mau composing lagi.

Adam : Sekali-kalinya ngerjain Baba ya Zy. Hmm..

Adam akhirnya gendong bayinya lagi dan ngedeket ke piano. Nyari bahan buat bikin lagu. Takut tiba-tiba lagunya diminta buat tugas akhir. Tangan kirinya nahan Azy di gendongan, tanggan kanan mainin tuts piano.

Adam mainin beberapa not lagu klasik, pake satu tangan dan sesekali tatap-tatapan sama Azy yang kagum karena ini pertama kalinya dengan suara piano secara live. Biasanya lewat Bubunya yang masangin earphone ke perut.

Eh, gak lama kemudian, Azy merem lagi. Dengan posisi tangan sama kepala di dadanya Adam.

Adam : Anak musik juga ya kamu, Zy...

Adam nyium pucuk kepala Azy dan ngembaliin dia ke kamar. Ya, dia menemukan inspirasi!

TBC

Side Story of EIL : Marry Me, FrienemyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang