White lies atau bohong demi kebaikan sering diterapkan pada anak kecil. Biasanya orang tua akan membohongi hal tertentu supaya si anak menurut dan melakukan apa yang dikehendaki oleh orang tua. Namun seiring kita dewasa, kita jadi paham bahwa selama ini apa yang mereka katakan itu gak sepenuhnya benar.
Jika diingat lagi, 8 kebohongan jadul ini bikin geli sendiri. Gak percaya?
1. "Kalau makan gak dihabisin nanti ayamnya mati."
Ini ancaman bagi siapa pun yang memelihara ayam maupun enggak. Padahal, sebenarnya gak ada hubungannya antara makan gak habis dan ayam mati. Kalau dilogika, justru ayam peliharaanmu bakal berumur panjang karena dapat jatah makanan sisa darimu. Hehehe
2. "Kalau nasinya sisa nanti dewi padi nangis."
Selain ayam mati, dewi padi yang menangis juga jadi ancaman selanjutnya. Kabarnya kalau menyisakan nasi di piring maka dewi padi bakal menangis karena berasnya terbuang percuma. Ada gak yang dulu kalau malem jadi parno karena waktu makan siang gak habis?
3. "Semua pulpen wangi itu menanggung narkoba."
Dulu sempat marak gosip bahwa semua pulpen beraroma wangi itu membuat ketagihan karena mengandung narkoba. Padahal, sebenarnya gak juga. Mungkin ini karena kekhawatiran orang tua yang berlebihan aja sih. Hehe
4. "Kalau nelen biji semangka nanti numbuh di kepala."
Tiap kali makan buah yang berbiji, maka bijinya harus segera dibuang. Kalau sampai tertelan, katanya nanti di kepala kita akan tumbuh pohon. Kebohongan ini biasanya dikatakan supaya anak-anak lebih berhati-hati ketika makan sesuatu. Namun, gak sedikit yang dibuat khawatir jika tiba-tiba keesokan harinya di atas kepala ada daun dan buah semangka.
5. "Nyapu gak bersih nanti pasanganmu brewoken."
Ini juga mitos yang dipercaya bakal terjadi khususnya pada perempuan. Jika saat menyapu lantai tidak bersih, maka nanti pasangannya akan tumbuh brewok. Gakpapa deh, malah biar dapat suami tampan seperti Adam Levine.
6. "Buang gigi harus berlawanan arah biar bisa tumbuh."
Ini juga dipercaya supaya gigi bisa tetap tumbuh. Kamu harus membuang gigi atas yang tanggal ke bawah, sedangkan gigi bawah yang tanggal harus dibuang ke atas. Jika tidak, maka gigimu bakal ompong seumur hidup.
7. "Gak boleh buka payung di dalam rumah nanti ada setannya."
Membuka payung di dalam rumah juga adalah sebuah pantangan. Kabarnya nanti akan ada setan yang datang. Padahal sebenarnya ya karena bahaya aja sih.
8. "Kalau nakal nanti diambil pak polisi."
Kasihan pak polisi jadi tokoh antagonis ya. Tapi biasanya ini memang kebohongan yang dikatakan orang tua untuk mengerem kenakalan anaknya. Padahal, boro-boro deh pak polisi bakal dateng, kan beliau punya banyak tugas yang lebih penting. Hehe
9. "Kalau maghrib gak boleh keluar rumah nanti digondol setan."
Kebohongan ini juga biasanya dikatakan supaya anak-anak tertib pulang rumah ketika hari mulai gelap. Bukan takut sama setan sih, tapi takut kalau diculik orang.
Kebohongan nomor berapa nih yang dulu sering kamu dengar? Coba tuliskan di komentar!
KAMU SEDANG MEMBACA
FACT OR FAKE?
No FicciónBACALAH JIKA INGIN MENGETAHUI BANYAK KEBENARAN DAN KEBOHONGAN. Education book √ @mrosyadie