Karir Menjadi Gamer

40 2 0
                                    

Karir baru tumbuh akibat adanya internet. Di Indonesia saja? Tidak, hampir di seluruh dunia ini terjadi. Seperti karir menjadi seorang youtuber. Lalu ada karir sebagai penambang Bitcoin. Kemudian ada lagi karir menjadi gamer. Saya bahas yang gamer dulu ya.

Beberapa hari yang lalu. Setidaknya di hari minggu tanggal 25 Agustus 2019, sejarah game tercatat. Sejarah baru yang luar biasa pada permainan game online bernama Dota 2. Bagi kamu yang belum tahu apa itu Dota 2, silakan dicari dulu ya.

Game itu menjadi rekor dengan hadiah untuk pemenang pertama sampai 15 juta Dollar. Duh, itu sudah triliunan rupiah berarti. Dan menariknya lagi, juara pertamanya adalah tim OG yang mana menang tahun lalu juga dan hadiahnya juga besar. Artinya, hadiah tahun lalu belum selesai habis buat belanja, eh, menang lagi dapat duit lagi.

Saya cukup tertarik dengan model-model karir baru ini. Tidak semua hal bisa kita wujudkan menjadi karir baru tapi banyak karir yang juga perlahan mulai hilang atau meredup. Semisal nih ya, karir sebagai kurir pengantar makanan. Dulu, Pizza Hut memiliki ambisi kuat bisa menjadi pembeda di antara KFC dan McD di Indonesia karena adanya delivery service. Tentu sekarang jadi tidak berguna lagi. Kenapa? Karena ya, sudah ada Go-food dan Grab. Bahkan kehadiran dua raksasa bisnis transportasi itu mengantarkan peluang bisnis kecil kuliner di Indonesia berkembang pesat.

Lalu apa sih opini saya di bab kali ini? Sederhananya, saya merasa kalau kita tidak bisa menutup kemungkinan adanya karir baru muncul di tahun-tahun berikutnya. Karena internet memaksanya menjadi seperti itu. Tidak lagi ada monopoli kalau orang keren karena internet cuma milik Amerika atau Eropa saja. Dulu sampai sekarang masih ada tuh PewDiePie. Tapi kita juga muncul Atta Halilintar.

Lantas bagaimana sikap kita? Seperti halnya pada Wattpad. Dulu, kita menjadi penulis hanya mengandalkan penerbit saja. Kirim naskah melalui email atau fisiknya. Lalu diulas oleh editor berbulan-bulan dan tanpa kejelasan pasti karena mereka juga harus membaca banyak sekali naskah. Sekarang, semua bisa lahir dari Wattpad. Penulis baru terkenal, masih muda, masih banyak peluang.

Saya pun mulai menangkap peluang ini walau sedikit terlambat. Tidak masalah kan, ya? Semua ada porsi dan rezkinya masing-masing. Tidak perlu tergesa-gesa, asalkan konsisten untuk terus berusaha berkarya.

Ya, mungkin ini dulu dari saya, karena karir baru pasti datang dan kita harus siap. Ingat, sudah ada 7 milyar manusia hidup di bumi ini. Kalau kita tidak siap dengan gelombang karir baru yang akan muncul, kita bisa terlindas oleh zaman.

Seribu SambatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang