Tiga Puluh Sembilan

6.6K 735 33
                                    

Khanza

Pacar gue kebelet kawin, eh salah, nikah maksudnya. Sementara gue, santai kayak di pantai. Ya ngapain juga keburu-buru, nikmatin ajalah waktu yang ada. Tapi lucu sih liat tingkahnya yang ngejar-ngejar gue biar mau dihalalin. Sekali-kali dia dong yang usaha, jangan gue mulu.

"Sa, kamu suka yang mana? Ini simple nih, modelnya kamu banget" si Mamas ngasih liat  katalog wedding ring online yang ada di ponselnya. Kemarin sih udah ngajak gue ke kota gara-gara gue ngedumel nggak ada cincin, tapi guenya mager. Males juga nyari cincin di sini, paling modelnya nggak beragam. 

Yang gue liat pertama kali bukan gambarnya, tapi harganya. Buset, mehong baget. Gue percaya sih si Mamas mampu beliin, tapi kan gue kasian, tanggungan dia banyak. Mending cari yang agak miring biar duitnya bisa dipake yang lain. "Cuma liat gambar doang, nggak bisa dicoba" alesan gue.

"Ya kamu diajak ke kota nggak mau."

"Besok ajalah yang. Cari di Jawa."

"Ck, kelamaan.."

"Lagian tanpa cincin juga aku nggak akan kemana-mana kok. Emang ayang udah dapet restu Papa buat masangin cincin di jari anaknya?" gantian gue serang balik.

Si Mamas garuk-garuk kepala, "Ya lagi usaha ini.. Makanya kamu kooperatif dong"

Jadi, sejak Mamas memutuskan secara sepihak dia bakal nikahin gue tahun depan, berbagai cara dia lakukan buat mewujudkan rencananya itu. Termasuk mengeluarkan seribu satu jurus bujuk rayu agar Papa merestui hubungan kita. Jarak yang jauh bukan halangan, apalagi di masa serba instan seperti sekarang. Tak ada lagi batas waktu maupun ruang. 

"Namanya juga ayah, pasti pengen yang terbaik buat putrinya. Apalagi putrinya cuma satu. Meskipun bentukannya kayak kamu" si Mamas ngospek gue pada suatu hari. 

"Emang apa yang salah sama bentukan aku. Kurang bohay? Kurang seksi?"

"Kurang feminin. Mana ada cewek seagresif kamu"

"Loh apa salahnya? Udah jaman emasipasi ini"

"Iya deh iya. Terserah kamu aja. Tapi sini deh deketan, aku bilangin sesuatu"

Tanpa disuruh pun gue langsung ndusel badannya Mamas yang cuma ketutup singlet putih itu. Hm.. feromonnya nggak nguatin.

"Seorang ayah itu akan menjadi satu-satunya laki-laki yang nggak akan pernah menyakiti putrinya. Nggak peduli berapa umur kamu, kamu tetap menjadi tuan putri kecil, yang akan selalu dilindungi, diperjuangkan kebahagiaannya, dipenuhin kebutuhannya.. makanya aku paham kalau Papa kamu selektif banget milih calon suami buat kamu. Bayangin aja anak gadis yang udah jungkir jempalik dibahagiain, pasti nggak rela dong disakitin cowok sembarangan."

"Tapi kalau aku dipaksa nikah sama Satriya, sama aja dong ngebiarin aku di sakiti"

"Mungkin Papa kamu punya pandangannya sendiri yang nggak kita ngerti. Justru itu tantangan buat kita, gimana caranya mendapat kepercayaan Papa kamu. Mulai sekarang kamu jangan bandel lagi sama Papa, kasih perhatian yang banyak, kalau perlu teleponin tiap hari, sekedar basa-basi nanyain udah makan belum, gimana kabarnya hari ini, gitu aja orang tua udah seneng banget kok." 

Setelah kuliah panjang kali lebar kali tinggi tiga sks yang diberikan bapak tentara, gue mulai lebih perhatian sama Papa. Telepon tiap hari nggak boleh absen. Kalaupun lupa pasti si Mamas mengingatkan.

"Pagi Papa sayaaaangggg" lengkingan suara gue dari balik telepon.

"Kamu sumringah banget pagi-pagi."

"Ya iya dong. Pagi-pagi udah sarapan bubur ayam buatan calon mantu Papa"

"Satriya?"

"Enak aja. Mana bisa Satriya masak? Bedain gula sama garam aja nggak bisa"

CakrawalaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang