71. Inilah Ayat yang dapat Membuat Hati Tenang

14 2 0
                                    

Oleh: Ratih
   
Hidup di dunia tak akan terasa indah ketika hati tidak tenang. Bukan harta yang melimpah, istri yang cantik, atau kekayaan lainnya, tapi kunci bahagia adalah hati yang tenang.

Untuk memperoleh ketenangan hati, tidak perlu bersusah payah harus menjadi orang yang alim, orang kaya, atau semacamnya. Seperti yang dilakukan oleh orang bijak ini.

Jadikanlah Al Qur'an sebagai obat hati

INILAH AYAT YANG DAPAT MEMBUAT HATI TENANG

Alkisah, hiduplah seorang yang selalu bahagia dalam hidupnya. Tidak pernah terdengar keluhan dan cobaan yang datang tidak pernah membuatnya gelisah.

Ketika ditanya, bagaimana ia tetap merasa tenang?

Orang bijak ini pun menjawab, "Aku belajar dari empat ayat Al Qur'an dan dari sana aku belajar bahwa tidak ada tempat bagi kesedihan dan tidak ada waktu untuk mengeluh. Ayat tersebut adalah firman Allah Ta'ala."

1. Al Qur'an Surat Hud ayat 6

"Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya." (QS Hud:6)

Tidak perlu cemas akan datangnya rezeki dari Allah Ta'ala, karena Dia telah menjamin rezeki bagi seluruh umatnya. Yang perlu kita lakukan adalah berusaha dan bertawakal kepada Allah Ta'ala. 

2. Al Qur'an Surat Fathir ayat 2

"Apa saja diantara rahmat Allah yang diangerahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya." (QS Fathir:2)

Ketika Allah Ta'ala telah menurunkan rahmat untuk umat-Nya, maka tidak ada yang dapat mencegahnya.

3. Al Qur'an Surat Al Insyirah ayat 6

"Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah:6)

Tidak usah khawatir, bersedih hati, ataupun menyerah, karena di setiap cobaan yang diujikan oleh Allah Ta'ala kepada umat-Nya pasti ada jalan keluarnya. Tetaplah ikhtiar dan memohon pertolongan kepada Allah Ta'ala. Selalu ada jalan keluar yang Allah Ta'ala berikan.

4. Al Qur'an Surat Al An'am ayat 17

"Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia." (Al An'am:17)

Berkebalikan dari surat Fathir ayat 2, sebaliknya ketika cobaan datang kepadamu tidak ada yang dapat mencegahnya. Teruslah berikhtiar dan bertawakal, semua akan indah pada waktunya.

Tidak usah mengeluh, bersabarlah, tetaplah berusaha dan memohon pertolongan kepada Allah Ta'ala. Percayalah bahwa Allah Ta'ala lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh umat-Nya daripada umat-Nya sendiri.

Catatan IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang