24

118 8 0
                                    

"Sekitar dua bulan lagi kita akan mengadakan kegiatan kemah, masih acara sekolah karena jatuhnya masuk ke kegiatan pramuka. Ibu harap, kalian bisa setidaknya mencicil sampai dua bulan ke depan untuk kegiatan kemahnya. Karena kegiatan tersebut bisa dikategorikan wajib dan masuk ke dalam daftar nilai."

Gue cuma bisa menghembuskan nafas gue dengan kasar. Acara yang kayak gini yang gak gue suka. Kemah. Bukan karena acaranya terlalu ribet--walau emang iya, tapi karena harus bayar.

Kadang tuh gue suka mikir, ini sekolah beneran punya hati gak sih?

Gini ya, gue tuh kan masuk ke sekolah ini karena gue kurang mampu, makanya masuk sekolahnya digratisin, tapi emang harus ya gue ikut segala acara macem gini dan bayar pula yang padahal gue tegasin sekali lagi dan gue capslock setelahnya gak kurang gue bold kata-katanya bahwa gue itu KURANG MAMPU?

Kan kesel gue bjir.

"Ren,"

Gue noleh dong ya ke makhluk samping gue ini.

"Lo ikut?"

"Gue sih maunya enggak, tapi kan wajib."

Rachel mengangguk, "iyasih."

Terus gak lama dari banyaknya siswa yang bisik-bisik tetangga, ada aja yang ngangkat tangan minta izin.

Bukan izin ke kamar mandi kok, dia izin nanya.

"Kira-kira kita harus bayar berapa, Bu?"

Nah, pertanyaannya sama kek yang dibatin aku.

"Kan karena kalian dari gedung biru muda, tentu bayaran kalian beda sama gedung biru tua. Kalo Ibu gak salah sih kalian bayar kira-kira empat ratus tujuh puluh lima ribu, tapi selebihnya Ibu belum dikasih info dari kesiswaan."

Ngedenger nominalnya ngebuat gue pengen berak. Najis dah mahal bat. Astaga, hampir lima ratus ribu dong! Ck. Gue bisa beli nasi padang banyak tuh! Gue bisa bertahan hidup selama sebulan tuh!

Auto ngebaik-baikin Mbak Jihyo nih biar digaji dobel--walau gak mungkin. Tapi gapapa, kita mah sebagai manusia harus berpikir positif dulu aja.

Terus gak lama lagi, ada aja tuh yang ngangkat tangan.

"Bu, kalau misalnya kita gak bisa ikut acaranya, uang kita kembali gak?"

Ibu guru kesayangan ngegeleng pelan, "enggak, Nak. Sepertinya enggak kembali."

Bjiran.

Gue yang aslian mah udah work hard banget ditambah acara anjing kek gini ngebuat gue double work harder bat dah.

Kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek kek anying.

Pardon Me [Kim Yohan]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang