Babe udah yakin kalau anak-anaknya bakal setuju die kawin lagi. Mereka udah pada besar. Sekolah, kerja, rumah tangga. Pasti kagak bakal kemakan cerita emak tiri kayak di pilem Elvi Sukaesih zaman mudanye dulu.
Sarapan pagi ini, semua lagi kumpul. Nira suapin Juned, Jenny sama Bela mantengin menu dietnya yang cuma pakek daun-daun macam kambing, Bimo sama Sani rebutan ayam sama Daniyal. Eja baru ambil nasi, Amo minum air habis nguap. Juki di sebelahnye nutup idung saking baunya. Hana di ujung, lagi ngunyah tempe goreng. Babe mulai siapin pidato buat pembukaan minta restu.
"Babe mau ngomong sesuatu sama lu pade."
Anak-anak Babe langsung diem, kecuali Juned yang kagak ngerti. Cucu Babe itu masih asyik ngunyah sambil mainin sendok buat kapal terbang.
"Jadi, Babe kapan hari ketemu sama cewek."
Daniyal yang mau nambah nasi menyahut, "Cewek siapa? Petugas puskesmas nawarin bubuk abate?"
"Ish, mana ada cewek begitu ke rumah. Yang ada emak-emak yang bagiin gituan," sela Juki.
"Jangan-jangan ada cewek minta tanggung jawab karena dibuntingin Bimo," sergah Jenny melirik adiknya yang pengangguran.
Bimo melirik kesal ke arah Jenny. "Enak aja. Sani kali. Syukur-syukur ada yang bisa dia hamilin. Aku udah sangsi aja, jangan-jangan Sani yang hamil tuh."
Babe menoleh ke sana dan kemari ngikutin ocehan anak-anaknya. Die jadi bingung, apa salah nyebut kata ganti buat Badriah ya. Pan, Badriah bukan cewek, tapi wanita.
"Udeh, cukup. Gua belum selesai ngomong malah lu potong semua."
Nira memelototi adik-adiknya agar diem. "Biarin Babe ngomong dulu napa."
Babe narik napas, terus dibuang pasrah. "Gua ketemu sama wanita cantik. Rasa-rasanye, gua demen sama dia. Jadi, seandainya nih ya ... seandainya. Dia jadi enyak lu pade gimana?"
Ruang makan senyap. Bahkan Juned ikut berhenti ngunyah. Semua mata menoleh pada Babe. Kaget dengan serangan Dhuha.
Bella menelan daun-daunannya, lalu menyahut, "Ya Babe, kagak asyik. Bella belum nikah sekali juga. Masa Babe mau nikah lagi?" jelas Bella merengut kagak rela. Tempo hari Babe melarang lelaki yang naksir dia datang ke rumah, termasuk Rama, aktor tipi paling ganteng pujaan ibu-ibu.
"Babe butuh pendamping buat ngawasin tingkah belangsak kalian," sahut Babe Jali.
"Ih, Babe. Bella cakep begini ngalahin Mikha Tambayong, masa dibilang belangsak." Bella manyun.
"Kagak usahlah lu sebutin segala gayung. Babe mau kawin, sama wanita baik-baik. Daripada Babe pusing dan zina mata."
Bella mengibaskan rambutnya. "Oke, fine. Asal calon Enyak baru itu bisa bawain calon laki buat Bella. Kan Rama udah Babe larang ketemu Bella."
Babe Jali geleng-geleng, lantas teringat Badriah punya abang yang sudah menduda. Ilmu agamanya pun kagak perlu diragukan.
"Babe yakin calon Babe bisa bawa calon laki saleh buat lu, Bella."
Mendengar itu, Bella jadi gelisah. Jangan sampai dia dijodohin sama ustaz beranak empat. "Pokonya Bella mau lihat dulu calon lakinya, kalo cocok, baru Bella kasih restu ke Babe," ucapnya.
Babe yakin jodoh Bella aman di tangan Badriah. Sekarang tinggal lihat reaksi anak-anaknya yang lain. "Kalau lu gimana, Bim? Lu setuju kagak?" tanya Babe.
"Kalau Bimo sih terserah Babe aja. Yang penting calon Babe jangan cerewet kayak...." Bimo melirik saudari-saudarinya. Juki sama Jenny kompak melotot nggak terima.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
ComédieApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...