Anak bungsu dari keluarga Babe Jali sibuk dengan kanvasnya di halaman belakang rumah. Tugas sekolah yang harus dikumpulin besok sebenarnya enggan dikerjain Daniyal. Namun karena bocoran Hanna kepada Babe kalau tugas melukis tersebut masuk nilai rapot, Babe udah teriak-teriak sampai sekampung bisa denger. Bahkan toa masjid aja kalah keras.
Titah Babe Jali itu udah sama persis dengan titah Presiden. Kudu bin wajib dikerjain saat itu juga. Ibaratnya, pamali kalau ngebantah omongan Babe. Daniyal yang dapet titah begituan langsung ngibrit ke halaman belakang ngerjain tugasnya. Apalagi sejak tadi pagi rumah Babe Jali udah panas.
Gimana kagak panas? Seisi rumah suka banget cari masalah. Kalau diibaratkan siklus hujan ntuh rumah Babe kayak cari masalah terus ribut, enggak ada masalah malah cari masalah, biar ribut dan gitu seterusnya sampai Babe Jali milih kabur ke rumah janda sebelah buat ngapel.
Apalagi kelakuan Mpok Jenny sama Mpok Juki dari pagi tadi. Dua kakak perempuan Daniyal yang kagak tahu gimana bentukan pemikiran kedua orang itu sampai isinya cuma album, lighstick, konser, dan bias-biasnya. Padahal setahu Daniyal bias itu pembiasan cahaya. Mungkin karena bias mereka sama-sama keliatan semu ya. Kagak nyata tergapai.
Itu baru ulah yang mpok-mpok, kalau abang Daniyal ... kagak jauh beda. Punya dua abang, dua-duanya kagak ada yang lurus. Sani yang mungkin ketuker anunya sama Hana saudara kembarnya waktu di perut Enyak dulu, dan Bimo, abangnya yang suka banget keluar masuk toilet buat nabung emas di lubang berair yang akan mengantar emas tersebut jauh entah ke mana. Suka boker sih enggak ape-ape ye. Tapi masalahnya, Bimo ini suka lupa buat cebok kalo udah keluar dari bank-nya alias WC. Contoh, siang tadi sewaktu Dani lagi asyik adu mulut sama Mpok Bella masalah charger dan sebelum Hana lapor ke Babe kalau Dani punya tugas ngelukis, aroma busuk bersamaan dengan pengharum ruangan Kasprey menguar di udara. Seketika udara di sekeliling Dani tercemar.
Pening kepala Daniyal, bukannya ngelukis malah mikirin keluarga absurd-nya.
Toh, berjam-jam Daniyal ngelukis belum juga keliatan bentuk dari lukisannya. Saking abstraknya, keponakan Daniyal yang namanya Juned bilang, "Gambal demit Bubu? Demit jelek, demit jelek."
Iya, Bubu, nama panggilan Juned buat Daniyal. Artinya sih Bibi, agak geli kadang Dani kalau dipanggil Bubu. Panggilannya terlalu imut buat Dani yang sebelas dua belas kayak preman pasar.
Sedangkan Nira kakak tertua dari si bungsu ngikut komen kagak jauh dari anaknya, "Jangan-jangan itu dedemit yang nempel di elu ya, Dan? Serem amat. Butuh rukiah kagak nih? Anak gue Juned sampe takut."
Sabar-sabar. Keluarga lu kagak ada yang waras, Dani, sabar, seru Daniyal dalam hati berusaha tabah dengan kelakuan keluarganya yang abstrak. Terutama Juned, umurnya bahkan hampir sama kayak telur ayam baru netes. Tapi gesreknya udah tingkat Dewa. Mungkin saat pembuatan kelebihan gesreknya Mpok Nira kali ya.
Daniyal kemudian memilih balik fokus ke lukisannya lagi, tapi tiba-tiba Daniyal kebingungan sendiri. Cat warna merah, coklat dan ungu miliknya habis. Daniyal mencibir pelan. Sudah dipaksa buat lukisan, eh ini pakek acara cat abis pula. Mana cat yang Daniyal pakai sebenernya hasil malak Sani. Ketika Daniyal mikir mau beli baru atau dibiarkan aja, tiba-tiba Eja dateng sambil bawa es krim.
"Kenapa lo, Dan?"
"Cat abis nih, kasih duit dong buat beli lagi."
"Cari di kamar Mpok aja sana. Banyak tuh pewarna. Barangkali nemu, Dan hahaha. Gincu gitu dicairin. Selamat berkarya."
Setelah bicara tanpa dosa, Eja pergi ninggalin Daniyal yang udah punya rencana jahat segudang. Bener juga apa kata Reza. Daniyal segera ke kamar mpoknya, Mpok Bella. Lumayan dapat warna-warna gratis. Setelah dapat dicairin tuh gincu yang udah kek koleksi. Awalnya Daniyal mah tenang-tenang aja. Kagak ada yang salah bahkan ketauan sampai menjelang malam. Babe Jali juga udah senyum-senyum gaje ngeliat lukisan Daniyal sepulang dari sholat Isya'. Katanya lukisan Daniyal bagus, aslinya ntuh senyuman mah gegara kesenengen gegara abis ngapel janda sebelah. Dikira Daniyal kagak tahu aje gitu. Tapi ketenangan Daniyal berhenti pada pukul sembilan malam. Di saat semuanya lagi kumpul nonton televisi. Mpok Bella ngamuk-ngamuk keluar kamar.
"Babe!!! Ada maling nyolong gincu Bella!!!!"
Sedangkan Reza yang duduk di sofa udah ngelihatin Daniyal. Daniyal yang ditatap Reza ngeliatin balik, eh Reza malah ngasih senyuman yang seakan-akan mengatakan.
"Mampus kagak lo. Serigala betina ditantang."
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
HumorApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...