Pulang belanja, Juned ngambek. Nira yang pusing dan malu gara-gara aksi Juned main angkut mobil-mobilan milik anak pemilik warung, mendiamkan aja sang anak yang juga ngambek.
"Ngapa lu, asem amat habis belanja."
Nira duduk di dipan teras. Babe Jali menyambutnya dengan bingung. Nira lihat ada gelas minuman tinggal setengah, tanda baru saja ada tamu.
"Juned tuh, Be. Masa mainan molen punya Sueb anaknye Mpok Romlah mau dibawa pulang. Sueb ngamuk, Juned juga ngotot minta pinjem."
Nira menghela napas. Babe hanya maklum. Anak-anak sama mainan emang nggak bisa dipisahin. Udah punya, tapi kurang terus. Padahal Juned udah punya mobil molen juga di kamar. Malah minta punya Sueb.
"Biarin aja, bocah juga. Ntar Babe beliin biar die kagak ngambek lagi. Bibir kayak ikan cucut aja lihat die."
Nira lagi-lagi menghela napas. Diliriknya gelas-gelas yang belum dibereskan. "Be, habis ada tamu ye?" penasaran Nira.
"Oh, iye. Tadi ada calon lakinya Bela sama calon emaknya lu. Eh, lu setuju kan, kalo gue kawin lagi?"
"Setuju, Be. Lagian, Babe juga berhak bahagia. Bukan lupain Nyak, tapi hidup emang kudu jalan. Nira nggak bisa terus dampingin Babe di sini. Adek-adek juga. Ntar, mereka juga bakal butuh waktu buat jalanin rumah tangga sendiri. Jadi, Babe juga kudu bahagia. Salah satunya punya pasangan lagi. Masa tua biar nggak kesepian. Ada yang bantu Babe urus kite."
Babe menggeser lebih dekat ke Nira. Ditepuknya pundak anak sulung yang rela LDR buat bantu ngurus dirinya dan adik-adiknya yang butuh kewarasan.
"Gua minta maaf sama lu, Nir. Makasih juga udah dukung Babe."
"Sama-sama, Be. Lagian, bukan Nira mau lepas tanggung jawab nemenin Babe. Tapi, Nira ada laki di pulau seberang yang butuh diangetin, dibelai, dinenenin kayak bayi. Tapi Nira janji, Be, bakal sering tengokin Babe. Mumpung Juned belum sekolah juga."
"Iye, tenang aje."
"Ngomong-ngomong, calon laki Bela siapa, Be?"
"Zainudin."
Nira terkejut Bela setuju dengan jodoh yang disodorin Babe. "Zainudin ini kan punya anak seumuran Bela. Jadi kayak Babe ngawinin anak gitu?"
Babe tertawa. "Bela aja langsung setuju. Ya udeh, mau gimana lagi. Ntar kawinan bisa hemat ongkos. Gua sama Cing Badriah, Bela sama Zainudin."
***
Habis teleponan manja sama suami semaleman, Nira pagi-pagi mandi keramas. Sambil nyanyi lagu dangdut, tangannya gemulai ngulek sambel terasi.
Jenny yang baru selesai buang hajat, heran juga kenapa mpoknya jadi kurang waras. Senyum terus, ngikik kayak kunti, kedipin penggorengan pulak. Padahal penggorengan titisan dari Nyak aja pantatnya gosong begitu apa menariknya?
"Napa, Mpok?" tanya Jenny sambil garuk-garuk celah pantat.
"Lagi demen aja. Habis ini nggak perlu LDR lagi nih."
Jeny mengerut. "Lah, Mpok mau pulang?"
Nira mengangguk. "Iya lah. Bentar lagi Babe udah ada yang ngurusin karna mau kawin. Tinggal habis ni Mpok ngurusin lakik yang gersang nggak disentuh."
"Babe mau kawin lagi?"
Jenny teriak, bikin Eja yang mau ambil minum sama Amo yang baru bangun langsung tutup telinga. Buru-buru keduanya masuk dapur dan bergabung.
"Apaan sih lo, Mpok, toa banget suara lo pagi-pagi."
Nira langsung menengahi sebelum adu gulat di dapur terjadi. "Ssst, udeh nggak usah berisik. Ini loh, Mpok bilang habis ini mau pulang karena Babe mau kawin sama Cing Badriah."
"Tap—"
Sebelum Jeny sempet nanya lagi, Nira udah acungin telunjuk di bibir buat pada diem.
"Gini deh, kalian pada mikir nggak, kalau ngurus kalian yang segede babon gini susahnya minta ampun? Jadi, kalo Babe kawin ada yang bantuin. Masa Mpok kudu LDR-an mulu."
Ketiga adeknya pada diem. Jenny lirik Eja. Si Eja lirik Amo. Nggak ada yang bersuara lagi.
"Udah, pokoknya Mpok udah kasih restu. Tinggal kalian gimana. Babe udah pernah ngomong kan? Tinggal kalian milih, tetep egois apa nerima keputusan Babe. Sekarang, ayo sarapan!" ajaknya.
Di luar dapur, Babe dengerin sambil usep air mata lansia. Semoga dengan adanya Nira yang menyampaikan maksud Babe, restu meminang Cing Badriah bisa didapet segera.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
HumorApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...