Hampir aja Jenny ikut ngewarnain rambut kayak mpoknya, Juki. Ngedengar suara Babe kayak toa Mesjid marahin Juki, Jenny jadi kelabakan. Duh, bahaya kalau Babe sampai ke kamar Jenny, bisa-bisa dia yang diamuk Babe. Dengan kekuatan cinta dari Mas Kai tersayang, Jenny cepat-cepat nyingkirin kuas dan pewarna rambut yang tergeletak manja di lantai. Gadis itu bernapas lega tatkala melihat lantainya sudah bersih dari benda-benda yang diharamkan oleh Babe.
"Ngapain lu?" Suara Juki si Biang Onar hampir aja ngebuat Jenny kejengkang.
"Allahu Akbar, Mpok! Bisa kagak lu masuk kamar orang pake salam dulu?!" kesal Jenny.
Juki ketawa sinis. "Lu mau ngewarnain rambut, yak?"
Jenny melotot tajam, dilihatnya lantai dan sekeliling kamarnya. Nggak ada tuh jejak pewarna rambut. "Jangan fitnah deh, Mpok!"
"Be, si Jenny mau ngewarnain rambut!" teriak Juki laporan sama Babe Jali.
Jenny langsung ngelempar bantal ke arah Juki. Wah, kurang asem ini mpoknya. Baru saja Jenny ingin mengeluarkan jurus sleding ala Babe Jali, suara Babe terdengar, "Cuci rambut sekarang, Juki! Atau laki yang lu tempel, Babe semur bareng jengkol!”
Juki mendengkus kesal dan ninggalin Jenny yang ketawa cekikikan kayak Mak Kunti.
***
Babe Jali mondar-mandir nggak jelas di depan pintu. Sedetik duduk, sedetik kemudian berdiri sembari celingak-celinguk ke luar rumah. Bagaimana tidak? Jenny, anak perawannya yang katanya mirip artis korea hitam merah jambu itu belum balik sampai sekarang. Magrib udah selesai, hujan pun udah berhenti, bahkan sebentar lagi azan Isya berkumandang. Babe Jali jadi gegana mikirin Jenny yang nggak pulang kayak Bang Toyib.
“Be, ngapain berdiri aja di depan pintu?” tanya Nira yang baru saja selesai memasak.
Babe Jali langsung membalikkan badannya, dan duduk di kursi kebesaran yang terbuat dari rotan. Dia ngehela napas. “Adik lu, Nir, Si Jenny belum pulang juga.” Babe sedih.
Nira ngerutin keningnya. ”Lah bukannya tadi Jenny nelpon ke Babe yah?”
Seingat Nira sih begitu, kan tadi pas Jenny nelpon, wanita itu ada di dekat babenya. Efek umur, babenya jadi pikun begini.
Babe Jali mencoba mengingat apa yang dikatakan Nira. Pria itu langsung nyengir kayak monyet ketemu pisang. “Oh iye, Nir, Babe lupa.”
Nira menggelengkan kepalanya. “Jelas lupa, Be, yang dipikirin cuman Cing Badriah,” sungut Nira.
“Yah tapi nggak bisa gitu lah, Nir, meski Jenny udah nelpon, tapi—“
“Yuhuu ... asalamualaikum, spada, sawadekhap. Ada orang di mari?” Jenny tiba-tiba masuk dengan senyum semringah sembari menenteng kantongan masa kini alias tote bag.
Nira dan Babe saling lirik-lirik manja. “Dari mana aja lu?” sinis Babe saat Jenny selesai menyalaminya.
“Habis jalan, Be, sama Mas Kai,” jawabnya enteng sembari beralih menyalami Nira.
Wajah Babe Jali berubah nggak karuan, matanya berkilat merah menatap Jenny.
“Mpok Juki mana, Be?” tanya Jenny. Dia pun duduk di depan Babe Jali, membuka bungkusan plastik permen bertuliskan Yupi. Jenny melahap permen berbentuk ulat itu dengan bahagia.
“Lu bukannya merasa bersalah pulang telat, eh malah enak-enakan makan ulat!” Babe Jali marah.
Jenny sih biasa saja kalau babenya marah, palingan marahnya bentar doang. Gadis itu sudah hapal dengan sifat Babe Jali, ibarat kotoran tuh, panas-panas tai ayam.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
HumorApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...