Jenny senang, akhirnya empoknya, Juki, dan Babe Jali nggak lagi diam-diaman kayak pasangan lagi bertengkar. Tadi babenya ngerusuh banget pas lagi asyik ngunyah keripik, hasil colongan di kamar Eja. Adiknya itu emang benar-benar keterlaluan, masa beli keripik sekardus tapi nggak bagi-bagi sama saudaranya. Entah itu bocah bangor dapat duit dari mana, palingan itu uang Babe yang ditilapnya.
Sambil matanya fokus ke arah layar 42 inci di ruang tengah, di mana sinetron Suamiku Bukan Suamiku diputar—yang bahkan Jenny kagak ngerti maksud dari judul sinetron itu—telinganya dia pasang dengan baik demi mendengar percakapan babenya dan Juki.
“Jadi beneran, Babe mau nikah sama Cing Badriah beranak lima itu?” monolog Jenny. Lantas dia manggut-manggut, menghitung jarinya. Dia cengo. “Eh buset, ntar saudara aye jadi lima belas orang. Wah, dah mirip sepak bola aja, pemain cadangan ada empat.”
Lah gimana ceritanya kalau begini. Kan, yang ngerencanain nikah tahun ini adalah dirinya dan Mas Kai. Kenapa jadi babenya yang nikung tajam naik pelaminan? Mana lagi, kabar burung mengatakan Mpok Bella udah setuju dijodohin sama Zainuddin. Itu artinya dua kali dia ditikung tajam.
Jenny mulai berpikir keras, dia tidak bisa membiarkan babenya dan Bella mendahului. Tapi bagaimana? Tempo hari, kan, babenya udah memberi warning kalau dia harus putus dengan Kai. Mana ikhlas hati Jenny putus dengan lelaki pemilik lagu ‘tembak cinta’ itu. Babenya nggak tahu aja, berkat Kai, Jenny bisa bangkit dari mantannya yang ternyata anak dari Cing Badriah, namanya Arkan. Bagus, kan, namanya? Iya lah, orangnya tinggi, tampan, punya dua lesung pipi. Tapi sayangnya, dia playboy kelas kakap. Jenny sudah setia dan sayang banget sama Arkan, tapi dasarnya lelaki kagak pernah puas sama satu betina. Eh, si Arkan malah selingkuh sama biduan kampung sebelah. Kan hati Jenny jadi sakit, kayak ditusuk beribu pedang.
Di saat dia larut dalam pikirannya, Eja yang baru saja masuk mengagetkan Jenny. “Woi, Mpok!”
Gadis itu langsung komat-kamit kayak dukun yang pengen nyembur air ke pasiennya.
“Lu yah, datang bukannya salam dulu. Malah bikin aye naik darah,” omel Jenny.
Eja nggak peduli dengan omelan Jenny, dia malah langsung merebut keripik dari tangan empoknya itu. “Nih keripik aye, Mpok. Nyolong pasti di kamar aye, kan? Ngaku dah?” Eja nunjuk-nunjuk Jenny.
Sontak saja Jenny memukul jari telunjuk Eja. Benar-benar, adiknya ini minta diketekin. Semena-mena banget sama istri sah Akang Daniel. “Eh bocah, lu beli keripik juga hasil nilap dari uang Babe, kan?!”
“Siapa yang nilap uang gua?”
Eja nelen ludah, Jenny jadi patung. Kok roman-romannya kayak suara Babe yah? Lantas saja menoleh dan mendapati Babe Jali megang golok.
“Anu, Be....” Jenny udah ngambil ancang-ancang buat kabur.
“Anu ape?” Babe melotot tajam.
“E....” Jenny muter kepala, dan anak tuyul bernama Eja sudah tidak ada di tempatnya.
“Be, aye mau sekolah dulu.” Jenny langsung ngibrit kayak kucing dikejar anjing.
“Bocah sableng, lu udah lulus sekolah!” teriak Babe dengan wajah memerah
***
Setelah berhasil kabur dari golok Babe, yang tajamnya kayak cibiran netijen di sosial media. Jenny nggak berani lagi balik rumah, jadi dia milih nongkrong di pos ronda, nemenin Cang Mamat dengar radio yang menyiarkan ulang tentang debat Pak Owi dan Pak Owo kemarin malam.
“Gini nih, Jen, negara kite. Sedikit aja, tim sebelah ngomongnya ada yang kepleset, langsung dah bakalan heboh tujuh hari, tujuh malam!” cerocos Cang Mamat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
HumorApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...