Suara riuh memenuhi halaman depan rumah Babe Jali yang sudah disulap seperti gedung pesta pernikahan artis-artis Ibu kota. Siang tadi Babe Jali sah menjadi suami Cing Badriah. Meskipun sempat diwarnai sedikit kericuhan karena kambing si Ocang—anak tetangga sebelah ingin ikutan menyaksikan ijab kabul Babe Jali. Tapi syukurlah, semua bisa teratasi dengan cepat. Haru biru selepas kata ‘SAH’ terucap dari saksi dan semua tamu undangan juga turut dirasakan Babe Jali, Cing Badriah beserta anak-anaknya.
Apalagi Nira, ia tak henti-hentinya menangis mulai dari pengajian kemarin sampai sekarang. Sudah satu kotak tisu ia habiskan. Bukannya Nira lebay dan tidak bahagia melihat Babe Jali menikah. Karena sesungguhnya dialah pelopor terjadinya pernikahan antara babenya dan juga Cing Badriah yang kini berstatus sebagai enyak barunya. Si anak tertua itu sangat merasa senang karena akhirnya ia tenang meninggalkan Babe nanti jika sudah kembali menyusul suaminya ke Kalimantan. Bagaimanapun juga Nira tidak akan bisa terus-terusan mengurus Babe Jali, sebab ia pun punya tanggung jawab sebagai istri.“Mpok, udahan napa nangisnya. Kek Babe mati aja Mpok nangis sampai segitunya,” protes Eja sembari menyendok puding cokelat ke mulutnya.
Nira melotot tajam. “Congor lu, Ja.” Eja nyengir lebar.
“Yah habisnya Mpok nangis mulu. Ntar tamu-tamu pada ngira kalau Mpok kagak bahagia Babe nikah.”
“Astagfirullah.” Nira mengelus dada, tangannya menarik tisu lalu lalu melap air matanya.
Sementara di tempat lain, Jenny geleng-geleng kepala melihat mpoknya, Amoeba yang sibuk memasukkan makanan ke dalam rantang. Nggak waras memang empoknya yang satu itu. Buat apa coba doi melakukan tindakan yang dikategorikan memalukan harkat dan martabat keluarga Babe Jali.
“Mpok ngapain sih ngambil makanan terus dimasukin ke rantang? Kagak malu apa diliatin sama tamu.” Jenny cemberut. “Lu juga, Dan. Kerjaannya makan mulu, meleduk perut lu ntar.”
Daniyal memeletkan lidahnya. “Apa sih, Mpok, mumpung nih makan gratis.” Bocah itu melanjutkan acara icip-icip hidangan di nikahan babenya.
“Mpok, berhenti kagak! Aye malu, Mpok, sama Mas Kai. Ntar Mas Kai Ilfil ngeliat kelakuan Mpok.” Jenny gondok setengah mati.
Tidak ada tanggapan dari Amoeba, sungguh ia sangat malas berdebat dengan Jenny yang cerewetnya ngalahin ibu-ibu kompleks. Lagian ngapain juga Amoeba mesti malu sama para tamu undangan. Ini hajatan punya babenya, yang otomatis dia bebas mau ngapain aja. Lagian ia sengaja misahin makanan buat bekal nanti malam. Kali aja, kan, pas dia tidur tiba-tiba kebangun karena perutnya lapar. Udeh dipastikan Amoeba akan malas buat keluar kamar.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
HumorApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...