Akibat adegan Hana dikejar-kejar sama Babe Jali dan seluruh jajarannya, rencana Sani buat cuci baju jadi molor. Sani ngelirik jarum jam yang saban hari cuma muterin titik yang itu-itu aja, udah nunjukkin pukul setengah lima sore. Sani mikir, kayaknya enggak terlalu sore buat cuci baju.
Sani langsung angkut ember dari kamar mandi ke kamarnya buat mindahin cucian kotor. Kelar ngangkut, Sani bawa ember itu ke halaman belakang buat mulai cuci baju. Biasanya ada mpoknya yang cuciin bajunya, tetapi hari ini Sani pengin cuci baju sendiri karena kagak percaya lagi sama hasil kerjaan mpoknya. Gimana bisa percaya kalo tiap hari ada-ada aja kotoran yang nemplok di pakaiannya dan buat Sani jijik.
Sani harap maklum dengan semua itu, mpoknya kan udah pada tua. Orang tua biasa kagak teliti. Asal beres pokoknya.
“San, lagi ngapain lo?” Bella tiba-tiba nongol di belakang Sani.
“Mau cuci baju, Mpok.”
“Lah, ngapain? Pan seminggu lalu habis dicuciin sama Mpok Nira,” tanya Bella sekali lagi.
Sani ngelihatin sekeliling buat mastiin kalau Nira kagak bakal nongol tiba-tiba kayak Bella. “Cucian Mpok Nira kagak bersih, segala tai cicak masih ketinggalan. Jijik ngelihatnya.”
Mendengar itu, Bella jadi kepikiran sesuatu. Dia ngibrit ke dalam rumah dan balik sambil bawa setumpuk pakaian.
“Nih, San, gue tambahin. Cuciin baju gue sekalian, ya.” Bella ngasih setumpuk pakaian pada anak kesembilan Babe Jali tersebut.
Sani mangap sambil nerima setumpuk pakaian Bella. Kagak cuma pakaian berbahan setengah jadi aja yang dikasih, segala hot pants, bra, celana dalam, dan singlet juga ada. Sani ngangkat satu baju yang sering dipakai Bella dan hidungnya nyosor buat cium itu baju. Bukannya ngerasa kebauan karena ketek Bella yang asem, Sani malah mencium wangi parfum khas cowok di baju Bella.
“Mpok, kok baju lo wangi parfum laki, dah?” tanya Sani sambil terus menciumi baju Bella.
Bella cekikikan. “Jelas, lah, mpok lo ini kan seksi memesona. Udah pasti cowok-cowok berhasrat ngerasain tubuh gue, termasuk ciumin bibir gue. Makanya parfum mereka pada nemplok di baju gue. Nah, biar Babe kagak tahu kalo gue habis serong kanan serong kiri sama cowok, cuciin ya baju gue sampe bersih. Kayak yang lo bilang tadi, cucian Mpok Nira kurang nancap di hati. Yang ada bukannya wangi parfum itu ilang, malah sambung-sambungan ke baju lain.”
“Kelakuan kalian berdua bagus bener, ngomongin hasil karya gue di belakang.” Nira tiba-tiba datang dan menyahuti pembicaraan Bella dan Sani. Kepala Nira geleng-geleng ngelihat kelakuan adiknya. “Lo itu aneh-aneh aja, Bel. Udah tahu Sani cowok, ngapa minta dia cuciin baju lo. Pake ngasih tahu kalau lo habis ciuman pula. Kalau Babe tahu, dia bisa—”
“Kalau Babe tahu apaan?”
Bagai terpanggil dari alamnya, Babe Jali ikut nongol di halaman belakang. Nira, Bella, dan Sani langsung mingkem ngelihat kedatangan Babe. Harap bersiaga satu, bahaya datang menghadang.
“Eh, ada Babe. Apa kabar, Be?” tanya Bella sok berbasa-basi yang sebenarnya udah basi.
Babe Jali udah paham kalo Bella udah sok basi kayak gini, pasti ada yang lagi disembunyiin. Mata Babe ngelihatin dua ember yang salah satunya dipenuhi baju-baju Sani, sedangkan satunya lagi dipenuhi dengan baju Bella yang naudzubillah.
Tatapan menusuk Babe hadiahin buat Bella, diintilin sama tangannya yang nemplok di kuping Bella. Bella langsung teriak minta dilepasin.
“Lo itu kayak kagak punya malu, Bel. Ngapain nyuruh Sani buat cuciin baju lu, mana ada pakaian dalam segala. Pamali, Bel, pamali, daleman anak gadis kagak boleh dicuciin sama orang lain, apalagi sama cowok.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
HumorApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...