Sani sibuk nata-nata barang di mejanya, sementara Hana duduk manis di kasur sambil mainin hape kembarannya. Sani emang sengaja nyuruh Hana duduk di kasur dulu biar kagak ngeganggu konsentrasinya. Bisa-bisa rencana yang udah Sani susun semalaman suntuk jadi berantakan karena Hana.
“Lo sebenernya lagi ngapain dah, San? Dari tadi ubyek mulu. Perkara belajar doang kok pake acara nata-nata meja,” komentar Hana kepada Sani.
“Hana diem!” perintah Sani dengan nada lemah lembut. “Sani tuh lagi atur formasi supaya Hana enggak bobok pas Sani ngejelasin materi.”
Hana manut-manut aja, cukup sadar diri kalau belakangan dia gampang ngantuk waktu belajar bareng Sani. Ya … gimana lagi, perkara ngantuk pan panggilan alam yang kagak bisa ditolak. Mumpung masih bisa ngebo, kudu dimanfaatin sebaik mungkin.
“Lah, terus itu ngapain di atas lembar buku, lo kasih tisu? Faedahnya apaan, dah?” tanya Hana lagi yang makin kagak ngerti sama apa yang Sani lakuin.
“Hana bawel, deh. Tisu ini gunanya buat ngejaga kesucian buku Hana, kan Hana jorok.” Sani ngambil kain putih yang ada di kursinya lalu jalan ke Hana. “Sekarang Hana duduk di kursi terus kalungin kain ini ke leher.”
“Heh? Buat apaan? Lo kira gue mau potong rambut?
Sani geleng-geleng. “Hana enggak tahu kebersihan banget, ya? Kain ini tuh buat meminimalisir noda yang Hana tinggalin di kamar Sani. Pokoknya Sani enggak mau iler, ingus, upil, ketombe, serta kutu Hana berceceran di lantai. Bikin kamar Sani enggak higienis tahu!”
Baru aja Hana mau nyahut, telunjuk Sani udah mendarat duluan di bibir Hana. “Berani bantah, Sani aduin ke Babe kalo Hana pernah bobok pas belajar.”
“Dasar tukang ngadu!”
Sani kagak peduli dikatain tukang ngadu sama Hana, yang penting Hana nurut-nurut aja pas disuruh ngelilitin kain itu ke lehernya.
Hana kelar pake kain yang Sani kasih dan langsung disambut sama cekikikannya Sani. Hana beneran mirip sama orang-orangan sawah. Lumayan juga Babe suruh Hana belajar bareng Sani. Dia jadi bisa ngerjain Hana. Ya … walau sebenernya Sani masih setengah ati ngajarin Hana karena doi anaknya bebal.
“Mingkem lo, San! Berani ngakak lagi, gue masukin kecoa ke mulut lo!”
Bibir Sani tiba-tiba manyun, persis pantat ayam yang lagi nyedit sambil ngeramin telurnya. Sani kagak suka dibentak kayak begitu, apalagi Hana pake ngancem mau masukkin kecoa ke mulut Sani. Kan kecoa kotor, bisa bikin penyakit gatel-gatel Sani kambuh.
“Aduh, Mpok, ngapain sih tangan sampe paha lo ditutupin sama kain putih kayak gitu? Mau belajar nutup aurat? Ya, kagak gitu juga kali. Gokil bener, dah.” Kagak ada petir, kagak ada hujan, Daniyal tiba-tiba nongol dan ngomentarin penampilan Hana.
“Diem lo, Dan! Mau gue sabet?” Mata Hana langsung melotot ke arah Daniyal.
“Aw, atut,” ledek Daniyal. Mulutnya melet-melet, udah kayak komodo aja.
Kagak terima diketawain terus sama Daniyal, Hana langsung ngelepas kasar kain yang dipakenya tadi. Cuma ngelepas aja sih masih mending, lah ini disabetin ke badan Daniyal sampe itu bocah jejeritan. Sani tutup mata ngelihat adegan KDRT antara Hana dan Daniyal, kagak mau kesucian pikirannya ternodai karena ngelihat adegan kekerasan ala tipi-tipi.
“Ihhhh, Hana udah. Jangan sabetin Dani terus, nanti Dani memar-memar. Kalau udah memar, bisa-bisa Dani iritasi. Kan bahaya, kalo Dani diamputasi dan butuh operasi gimana? Kasihan, ih,” ucap Sani sambil terus menutup matanya.
“Diem lo manusia kurapan!”
“Ih, Sani itu enggak kurapan! Sani mandi sehari enam kali, lebih banyak dari jatah Sani makan. Terus enggak pernah lupa pake skincare sama body wash. Hana jangan fitnah dong, itu nyakitin hati Sani tahu.” Sani kagak terima dikatain kurapan sama Hana.
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Babe Jali
HumorApa jadinya jika seorang duda harus mengasuh sepuluh anak yang tak lagi balita sendirian? Babe Jali harus melewati cobaan ini. Sepuluh anaknya beranjak dewasa, dengan segala tingkah dan masalah yang membelit. Belum selesai soal asmara anak-anaknya...