serba duit

108 17 0
                                    

Tugas kuliah itu kerjaannya ngeluarin duit mulu. Dikit-dikit print paper, dikit-dikit print ppt, dikit-dikit jilid makalah. Lupa kali mereka tuh kalo yang namanya dikit-dikit itu lama-lama jadi bukit. Alias buset utang Sungyeon udah membukit di fotokopi samping kampus!

"Kasbon lagi neng?" tanya abangnya sambil ngeluarin nota. Udah apal banget kalo liat muka Sungyeon di depan fotokopian.

Sungyeon nyengir. "Hehe, maap sih Bang, orderan lagi mandek!"

Iya. Yang namanya Bae Sungyeon itu punya bisnis berbasis online. Dia jualan binder sama totebag custom. Kadang juga kaos kaki lucu dia jualin. Sebenernya pendapatannya cukup, tapi akhir-akhir ini Sungyeon makin gencar nabung buat modal usaha yang lain. Gak tau juga mau usaha apaan. Belom kepikiran.

Sungyeon anak pulang pergi, jadi keuangannya masih dikontrol Mama. Beda sama anak ngekos yang bisa boong lewat telpon. Mama Sungyeon strict soal duit. Bukannya mereka gak mampu, tapi Mama Sungyeon mau anaknya gak dimanjakan harta karena harta itu fana. Kalau mau dapet duit ya usaha!

Sebenernya Sungyeon memilih ngutang juga supaya sang Mama tau pengeluaran tugas-tugas kuliah Sungyeon lewat nota yang selalu Sungyeon simpen di dompet.

Loh, Sungyeon kan punya penghasilan dari online shop? Emang ditabung semua?

Enggak. Setengahnya ditabung, seperempatnya buat jajan, seperempatnya lagi dikasih ke mas pacar.

Ya. Kadang kisah percintaan seseorang emang rumit. Susah dijelasin.

Kilah Sungyeon sih duit yang dikasih ke mas pacar lamgsung ditabung sama mas pacar demi masa depan. Semoga aja begitu.






"Shannon kapan mau ngelunasin modul listening?" tanya bendahara kelas.

"Berapa lagi sih gue?"

"Tinggal ceban lagi, kok."

Sungyeon merogoh saku celana kulotnya, menemukan dua gocengan lecek lantas mengoper ke bendahara kelas.

"Uyon lunas, ya!" seru Sungyeon kemudian mengambil tempat duduk di sebelah Yehana. "Hih! minggu ini keluar duit mulu gue pusiiiinggg!"

Yehana manggut. "Sama, Yon, gue gak enak sama mama gue tau."

"Sabaarrr, ini masih awal-awal perkuliahan aja jadi hectic banget kudu beli modul lah, kamus lah, apa lah. Ntar juga enggak kok," ucap Roa.

"Kata sape, Ro?" tanya Kyulkyung.

"Minhyun lah! Sapa lagi?" Rena yang jawab. Roa cuma nyengir. Bucin sekarang anak satu ini.

Ketika yang lain lagi ngeledekin Minkyung yang lagi kasmaran, pikiran Sungyeon melanglang buana. Memikirkan usaha apa yang sekiranya gak perlu modal banyak.

"Hana, lo tau yang jual rak piring gak di sini? Lo kan pribumi. Tau lah pasti?" tanya Yuha ke Yehana.

"Oiyaa, gue juga mau beli ember buat nyuci di kosan tapi abang perabot belom lewat-lewat. Tiap sore gue tungguin padahal," keluh Roa.

"Kasian banget sih Roa kalo mau nyuci kudu rebutan dulu sama teteh kosan," ledek Nayoung tergelak.

"Oiya, mumpung inget! Where can i buy tumblr lamp? Kamar kosan gue feels so blank without them." Jangan ditanya kalo yang aksennya nyampur begini udah pasti Kyla.

"Iyaaa, gue juga mau beli tempat naroh baju kotor dong! Ngenes banget gue selama ini nyimpen baju kotor di plastik matahari!" Eunwoo ikut nimbrung.

Sungyeon yang sejak tadi memerhatikan kebutuhan teman-temannya lantas menjentikkan jari. Nampaknya udah menemukan usaha apa lagi yang mau ia kembangkan.

"Gue tau kalian kudu beli di mana!" ucap Sungyeon sumringah. Yang lain jadi memusatkan mata pada perempuan itu.

"Lo pada tau kan gue lagi nabung buat modal usaha gue yang lain? Nah kayaknya udah cukup nih modal usaha gue, jadi gue mau buka bisnis lain!" malah cerita anaknya. Tapi yaudah dengerin dulu. Takut pundung.

"Mendengar keluh kesah kalian, kayaknya gue mau bikin olshop barang-barang kebutuhan anak kos. Gimana? Nanti kalian beli di gue aja!"

"Ih keren, Uyon! Kira-kira kapan mulai bisa order barang?" tanya Xiyeon antusias.

"Hari ini balik jam satu, kan? Balik kuliah gue langsung minta anter bokap ke sodara gue. Dia emang punya usaha perabot tapi lucu-lucu deh serius! Jumat lah udah bisa beroperasi bisnis gue."

Teman-teman yang lain bertepuk tangan. Kagum sama keahlian Sungyeon dalam berbisnis.

"Ntar bayarnya kudu transfer apa bisa cod?" tanya Kyulkyung.

"Hmmm, target gue anak kampus sini dulu sih jadi paling cod-an aja dulu."

"Kalo ama kita mah dianter sampe kosan kan, Yon?" Rena menaik-turunkan kedua alisnya.

"Iyeeee. Bantu promosi yeeee!"

"Siaaappp!" jawab yang lain serempak.








a.n. serius anak kuliahan emang bagusnya punya penghasilan tambahan huhu

WHERE ARE PRISTIN?Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang