tiga: pusing kena passing

483 69 15
                                    

Tau nggak kenapa Esa dipanggil anak alim? Soalnya dia nggak pernah ikut ekskul yang fisik - fisik gitulah.

Nggak ada hubungannya bego.

Banyak yang ngajak, udah puluhan orang kayaknya. Tapi anak remaja bernama depan Muhammad itu malah suka balikin kalimat.

"Kamu teh kalo mau ekskul gausah ngajak - ngajak!"

Galak weh, bukan galak tapi suka sensi.

Alasan kenapa esa nggak mau ikut ekskul kaya gituan juga nggak jauh dari kata trauma.

Iya, trauma kena passing bola.

Pas masih SMP dulu, jaman - jamannya ekskul voli. Anak bungsu niatnya coba - coba dulu.

Sumpah baru mau coba, sorenya waktu main di auditorium ada awewe yang nggak sengaja passing bola terus kena kepala Esa.

Nggak sempat marah, ngumpat, atau kesal. Udah pingsan duluan soalnya. Kalau diinget - inget malu, sebelas duabelas sama aib.

"Gapapa lo?" yang ditanya malah marah waktu siuman "masih bisa nanya, ya pusinglah!"

Terus sejak kejadian itu, Esa lekat sama namanya kapok bobolaan lagi. Entah nama belakangnya voli, basket, apa apalah pokoknya bola!

Sampe rumah diantar Januar terus ketemu si teteh depan pintu, lagi pegang bola juga kebetulan.

Tau nggak? Muka Esa berubah asem seketika.

"Nih teh, adeknya abis kena bola. Kapok katanya" yang sakit kepala, tangannya masih sehat walafiat kalau sekedar buat geplak kepalanya Januar "bacot sia"

"Apaan, laki cemen banget lo"

"Brisik teteh mah, sia juga gabisa masak! Padahal cewek" kan dibilang suka balikin kalimat.

"Januar masuk dulu gih, capek kan abis bobolaan" langsung ditanggap sama yang tadi kena bola "gausah - gausah langsung pulang sana"

Tau diusir, Januar malah nekat "Iya teh, aus nih"

Sebenernya Esa penasaran yang lempar bola siapa, mau nanya tapi malu membungkus rapat kalimat yang mau diucap. Tersumpal rapih inimah, dasar mental tempe.

"Yang lempar bola siapa war?" Tuhkan, si teteh yang kepo. Esa udah nelen ludah dulu, terus buru - buru lari ke dapur nyari air dingin.

"Kemala teh, seangkatan tapi duluan dia volinya. Anak cewek" teteh langsung kayak 'ckckck, Esa - Esa'

Yang dilihatin malah melotot sambil nengguk air dingin dari kulkas, terus kaya tanya 'salah aing apa, anying'

Nggak salah, cuman ya malu - maluin aja.

Tapi nggak papa, kapok satu nggak ngilangin tekad Esa buat nyari ekskul lain. Nyatanya sekarang dia malah merangkap tiga ekskul sekaligus, PMR, Club IPA, sama Koperasi.

Emang beda jauh sama teh ryujin, yang lebih suka ekskul fisik dari kecil. Dari SD ryujin udah jadi tim basket di sekolahannya, menang juara 2 tingkat kota pula. Pialanya beuh, banyak di etalase rumah.

Tapi bunda selalu bilang, "nggak papa, Esa punya kelebihan Esa sendiri kok. Teteh pinter main bola, Esa pasti juga pinter di bidang lainnya. Jangan pernah minder ya, Esa berbakat kok"

Makanya Esa nggak pernah jengkel lagi setelah hari itu gagal ikut ekskul voli. Nggak pernah nyimpan dendam juga sama yang nglemparin bola ke Esa.

Terus sekarang Januar malah leyeh - leyeh di depan tv, Esa tambah gedeg. "Kenapa sih, pake acara ngadem segala?"

"Ai, kamu teh ada temennya malah diusir" kan brisik, males.

Nggak tau aja, abis hari itu Januar random ngomong "Sa, gue suka sama teteh lo"

Esa ngelirik males sambil ngeluarin ulat "terus gue suruh ngapain?"

"Gapapa, ngomong doang"

DIH, GAJELAS PISAN BAPAK JANUAR INI.



OTHER CAST

Halo, makasihbuat yang mau bacacerita saya!

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Halo, makasih
buat yang mau baca
cerita saya!

Makasih banyak banyak
pokoknya, salam dari Esa.

©SPARKLERYU, 2O2O

chandra's familyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang