"Oi, Nyuk."
"Yoi. Apa ada, Yu?" ucap gue santuy sambil ngerjain matematika dibantu pacar gue, yakni brainly.
"Ngahaluin Oppa dosa nggak, sih?"
Gue keselek biawak. "Lo mau tobat nge fangirl? Pisah sama Sokjin Batu Es? Lo tega?" Gue mendadak dramatis.
Ayu diem, gue pikir dia kesurupan miniatur pocong yang dulu-dulu. Cewek itu menghela napas lesu. "Gue pernah denger di ustad yutup gitu, katanya suka haluin Oppa haram."
"Menurut gue sih, haram."
"Serius lo, Nyuk?"
"Iya, kalo lo ngehalunya sambil mabok anggur merah."
"Tai kuda lo, emang." Ayu noyor pala gue yang cantik natural.
Gue nyengir.
"Nyuk, dah selesai mtk lo?" tanya Putri yang tiba-tiba seliweran kek kuntilanak jembatan Ancol.
"Dah," ucap gue bangga bin narsis sambil nepuk dada gue yang tepos itu.
"Pinjem."
"Pinjem."
Gue noleh cengo, ngeliatin Maja dan Putri yang ngomongnya barengan kek ftv langganan gue yang judulnya 'Putus Cinta Feeling Gud Lakasud.'
Nggak bohong. Liat aja di mulmed.
"Gue dulu." Maja agak ngegas ngomongnya.
Gue sama Ayu tatap-tatapan, saling ngode buat jaga jarak semeter karena tahu Putri demen sama si Dingin meski caranya suka agak asburd kek masa depan gue.
"Gue ya, Tai. Gue besfrennya Si Munyuk, jadi gue duluan."
Maja diem aja, tapi dia natap tajem si Putri dengan tatapan ga suka.
"Nggak usah ngeliatin gitu, Anjing. Lama-lama gue beku lo liatin mulu!" dengkus Putri kzl. "Nyuk, siniin MTKnya!"
Gue mau ngasih bukunya ke Putri, tapi Ira buru-buru nyegah dan senyum-senyum setan.
Firasat gue jadi ga enak. Asli bukan kaleng-kaleng.
"Daripada kalian berdua berantem bikin malu kelas bobrok kita yang emang udah bobrok," nasihat Ira sambil menghela napas, "mending kalian yang rukun ya geblek. Gini aja Ja, biar Putri duduk di sebelah lo. Bukunya Munyuk gue taroh di tengah. Gausah berantem! Ntar dikira kalian abis KDRT."
Maja dan Putri melotot galak ke Si Ira. Cewek itu masang pose peace sambil nyengir kuda.
"Nggak usah protes. Bu Bunga kalo marah serem, loh. Nggak tahu kan, kalo Bu Bunga itu titisan genderuwo? Makanya, kalo kalian maksain tuh gengsi, kalian bakal digantung berdua sama Bu Bunga. Dinikahin sekalian, mau?!" ancam Ira dan menghayati kebohongannya yang dilebih-lebihin.
"Tapi Ir, keknya Bu Bunga bukan titisan genderuwo--" Gue pengen ngomong, tapi Ayu bekep mulut gue.
"Udah, diem aja. Biar dapet traktiran gorengan nih, kita." Ayu nyenggol lengan gue, dahi gue awto berkerut kaya gelombang tsunami. "Kalo mereka jadian kan kita yang untung, dapet pajak jadian. Simbiosis mutualisme, laaah."
Gue terkikik geli, mulai tercerahkan kaya pala guru IPA gue yang botak setengah. "Gue mau pesen bakwan sekilo di kantin, pokoknya."
"Terus kasih sambel satu ton."
"Es tehnya berjuta-juta kwintal."
Gue dan Ayu cekikikan, bayangin lagi mendaki tumpukan gorengan lezatnya Bu Pri, kantin best seller yang memiliki sambel sepedes omongan tetangga nggak ada akhlak.
"Gimana?" tanya Ira sama si Putri yang masih amat kekeuh dengan gengsinya.
"Ya in aja, Put. Biar gue dapet es teh berjuta-juta kwintal." Ucapan polos tanpa dosa gue sukses dapet toyoran dari Ayu.
"Nggak ada akhlak lo, Nyuk!"
Gue nyengir kuda.
"Kok lo gitu sih, Nyuk? Nggak fren kita." Putri melas. "Ntar gue beneran beku kalo duduk sebelahan dia."
"Kalo lo mati beku, ntar gue yasinin," ucap gue ngeyakinin dia.
"Alfatekah ga hafal belagu yasin lo, Nyuk!"
Gue nyengir.
Putri manyun. "Yaudah, gue baik jadi gue ngalah. Jaga jarak lo, Tai. Gue nggak mau beku," ancamnya ke Maja.
Maja merotasikan kedua bola matanya tanpa menanggapi, lalu fokus nulis tanpa dengerin ocehannya si Putri yang entah apaan.
Gue dan Ayu saling tos. Gorengan dan es teh berjuta-juta kwintal kini makin deket di depan mata.
"Lo udah bayangin segernya es teh kantinnya Bu Pri?"
Ayu ngangguk. "Beh. Pasti adem, lumayan buat refreshing dari kelas kita yang kaya neraka jahanam."
Gue ngangguk sumringah.
"Cie, Putri berduaan sama Si Maja!" cibir Rizal dan Yustin yang lagi jalan akrab kayak pengantin baru honeymoon.
"Kurang ajar lo, Curut dua!" Putri ngelempar Yustin dan Maja pake buku MTK di atas meja.
Yustin dan Rizal lari kalang kabut kayak maling keciduk nyolong daleman warga.
Brak!
Tiba-tiba, nggak ada angin nggak ada Raisa, Maja gebrak meja. Kami para ciwi ciwi imut awto kaget sama kelakuannya yang tan 90, tak terdefinisi.
"Buku gue, Njing," desis Maja pada Putri.
Sedikit, tapi nyelekit.
Pedes, tapi mengigit.
Sambalado, eh, eh Sambalado~
//Cosplay Ayu Ting-Ting Suara Sepeda.
"Eh, yang tadi gue lempar... Itu buku lo, ya?" Putri nyengir. "Santuy, santuy. Gue ambilin."
Ngeliat muka merah padamnya Maja yang meledak-ledak kek lava gunung Everest, Ayu bisik di kuping gue yang emang congek.
"Nyuk."
"Apaan?"
"Lupain aja gorengan dan es teh berjuta-juta kwintal. Kayaknya mereka mustahil jadian."
"Semustahil apa?"
"Semustahil lo dapetin pacar ganteng kayak Sokjin."
Gue manyun.
Alhasil, Maja dan Putri saling masang tembok gengsi, gue dan Ayu mengubur mimpi pajak jadian dalam-dalam dan Ira milih kamuflase jadi lantai kelas penuh debu yang suram.
Sesuram masa depan gue yang mustahil dapet pacar kata Ayu. Hiks.
//Ngelap ingus berliter-liter.
***
NastarzF
Lagi bucin-bucinnya Park Chanyeol
16 Mei 2020Dan masih nggak terima kenapa Kaori mati dibulan April.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Si Munyuk (TAMAT) √
Short Story(Rank 28 in #SMP) Ini diary gue, Munyuk mengenaskan di kelas yang penghuninya peranakan setan semua. Udah nggak kehitung berapa guru yang resign dari ngajar kelas neraka satu ini. Bahasanya alay parah. Mata minus tidak disarankan membaca. ❗Sebagia...