"Kenapa ya? Kenapa kita cuma temen?
_______Gilang ngehela nafasnya, rasanya mata kuliah Filsafat adalah matkul yang paling membosankan di muka bumi ini. Entah kenapa Dean yang duduk di sebelahnya masih rajin nulisin inti inti dari materi yang udah dijelasin dosen di depan kelas.
Sebenernya bisa jadi enak enak aja nih matkul, yang buat ga enak itu dosennya, kalau ngomong suaranya kecil banget, padahal satu kelas itu isinya ada 60 trenggiling hidup, eh pas ngejelasin materi malah kayak cuma mangap doang, mending broadcast aja gitu dari wa, kayak gini kan ilmunya kaga masuk.
Alasan doang sih, kalaupun ngomongnya kenceng juga belom tentu ngerti juga.
"Gilang, bagaimana kematian yang kamu inginkan?"
Gilang yang awalnya lagi nopangin dagu pake tangan langsung berdiri, sumpah materinya apa juga dia ga tau, trus tiba tiba dosennya udah ada di depannya aja.
"Ya, Pak?"
"Bagaimana kematian yang kamu inginkan?"
Gilang nyenggol Dean pake kakinya dari bawah meja, tapi respon Dean cuma ngejauhin kursinya dan balik fokus ke buku seakan berkata "Tolong ya orang bodoh dilarang berteman denganku."
"Ini kalo dijawab mati khusnul khotimah pasti gue bakal diketawain," Batin Gilang
"Mati dalam keadaan perang melawan kaum kafir quraisy, Pak." Disini semua Mahasiswa udah ngeliat Gilang dengan tatapan kagum, ternyata jiwa Islam Gilang tinggi juga, ya.
"Sebagai apa?"
"Sebagai unta."
Dean ngehela nafasnya, ngerasa malu sama Gilang yang masih menunjukkan senyum cerahnya, dan ngomong dalam hati kayak "Bisa ga sih, gue jual temen buat beli seblak aja."
Gak lama, Dean langsung keluar dari kelas karena memang sekarang jam untuk mata kuliah Filsafat udah habis, ga heran lagi sih, Dean pinter pinter tapi ga ada akhlak, padahal dosen masih berdiri disana.
"Oke, kita akhiri kelas hari ini, selamat siang semua."
Gilang langsung senyum ke arah dosen, buru-buru ngambil tasnya dan bergegas ngejer Dean seperti anjing mungil yang mencari tuannya. Gilang ngerasa bangga karena akhirnya bisa ngejawab pertanyaan dosen dengan lantang, pasti Papa bangga.
Kejadian di rental PA kemarin memang cukup canggung untuk keduanya, apalagi Dean yang harus tetep pura-pura ga tau kalau Gilang juga demen sama Teya. Kalian jangan salah, di kehidupan nyata kejadian kayak gini tuh sering banget terjadi.
Kalau cewe, biasanya pasti bakal kesel kan trus langsung ngasih cap pelakor ke temennya, padahal mah jadian aja juga engga. Beda sama cowo yang lebih milih mempertahankan pertemanannya, pura pura saling ga tau aja kalo mereka suka sama cewe yang sama.