#catatandari Anak Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

485 35 2
                                    

Aloo! Assalamualaikum, bismillahirrahmanirrahim..

Yak semuanya bagaimana kabarnya? Apakah masih melanjutkan belajar daring atau malah sudah ketemu teman-teman di sekolah?

Semoga kalian dalam keadaan sehat ya, aamiin. Kalian yang lagi kurang enak badan semoga cepat sembuh!

Kembali lagi nih di tanya jurusan bareng atau #catatandari narasumber jurusan tertentu yang dihadirkan berasal dari narasumber berbeda. Nah kali ini kita ada narasumber dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tepatnya bersama Kak Aulia Novitasari!

Yuhuu..

Menurut aku sendiri jurusan Sastra Indonesia penting banget si buat kelangsungan baik dari segi bahasa kita sendiri maupun sastranya. Terlebih lagi bahwa sekarang banyak nih orang-orang non Indo yang gencar cari pekerjaan di Indonesia, contoh nyatanya yang paling kelihatan ada orang-orang Korsel nih yang pada entah jadi youtuber tapi kontennya Indonesia banget atau memang orang Korsel yang niat hidup dan tinggal di Indo.

Tentunya bahasa Ibu kita jadi hal yang dipelajari orang banyak sekarang, hayuk lah kita simak chit chat sama Kak Aulia

__

1. Dimana tempat Kakak kuliah sekarang?

>> Kuliah di prodi pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Indonesia FKIP ULM Banjarmasin

2. Bisa ceritain perjuangan masuk jurusannya gak Kak?

>> Kebetulan jurusan ini emang dipengenin dari awal. Dari dulu selalu tertarik sama hal-hal kebahasaan / kesastraan kaya baca puisi, mendongeng, pidato dan hal lainnya.

Alhamdulilah...

karena tujuannya memang hal yang disukai, walaupun tes SBMPTN harus ambil IPC alhamdulillah lancar dan bisa lulus sesuai harapan

3. Kenapa Kakak memilih jurusan ini?

>> Selain karena suka hal-hal berkaitan kebahasaan dan kesastraan, kebetulan ibu saya guru B. indo dan tante saya adalah seorang dosen. Jadi dari dulu saya bercita-cita jadi dosen dan akhirnya milih Bahasa Indonesia jadi pelabuhan terakhir hehe..

4. Ada gak persepsi masyarakat yang salah terhadap jurusan ini?

>> Banyak banget! Jurusan saya adalah salah satu yang sering diremehin karena, "Apa sih susahnya Bahasa Indonesia? Kan sehari-hari bisa pake Bahasa Indonesia. "

Ya begitulah... Tapi pada faktanya gak semudah itu dan saya yakin setiap jurusan punya porsi kesulitannya masing-masing.

5. Apa sih Kak suka duka jadi anak jurusan ini?

>> Sukanya sih pasti banyak banget, karena belajar hal yang kita sukai alhamdulilah jadi enjoy. Sesulit apapun materinya, alhamdulilah bisa terlalui tanpa merasa tertekan.

Hal lainnya juga saya mendapat banyak pengalaman melalui jurusan ini salah satunya dalam menyalurkan hobby saya berbicara di depan umum. Dengan bekal pengetahuan kuliah, saya dapat mempraktikannya saat memandu acara ataupun moderator.

Untuk dukanya alhamdulilah terasa hampir tidak ada, paling hanya saat awal perkuliahan yang dimana masih sangat terkejut dengan materinya sehingga agak sedikit kesulitan mempelajari linguistik hehe.

6. Tugas-tugas yang di kasih apa aja si kak?

>> Tugasnya beraneka macam tergantung mata kuliah jenis bagaimana. Jika mata kuliah yang bersifat teori seperti linguistik, semantik, sintaksis dan beberapa lainnya menghadirkan tugas seperti membuat penelitian kecil tentang kebahasaan dan sastra.

Catatan Kuliah Bagian 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang