#catatandari Anak Pendidikan Ilmu Komputer

180 12 11
                                    

Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum aloo!

Yey alhamdulillah balik lagi di sesi kepoin mahasiswa atau mahasiswi jurusan tertentu, kali ini bareng Kak Faridah dari jurusan Pendidikan Ilmu Komputer. Kira-kira ada cerita apa aja ya?

Yuk disimak!

__

Hai Kakk! Boleh kenalan dulu dong buat adik-adik pembaca, nama Kakak, dari jurusan apa, fakultas, dan univ apa?

Haloo, nama kakak Faridah Munawarah. Kakak kuliah di Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Kenapa Kakak memilih memilih jurusan ini selepas SMA?

Naah setelah lulus SMA, nggak ada rencana sama sekali buat masuk bidang komputer. Rencana awal mau masuk bidang kesehatan tapi setelah mencoba beberapa kali dan mungkin bukan jalannya untuk menjadi tenaga kesehatan akhirnya memutuskan untuk jadi guru. Kebetulan kedua orang tua kakak juga seorang guru, jadi udah kebayangkan menjadi guru itu seperti apa dan tertarik untuk mendaftar ke jurusan ini.

Kakak masuk jurusan ini dari jalur apa Kak?

Untuk masuk ke jurusan ini, kakak mendaftar melalui jalur SBMPTN dan alhamdulilah diterima.

Apa sih Kak keahlian dasar yang harus dimiliki untuk belajar di jurusan ini?

Keahlian yang kalian perlu kuasai untuk belajar di jurusan ini yang pertama adalah dapat mengoperasikan komputer dengan baik , kemudian yang membuat maba pilkom( sebutan mahasiswa baru jurusan ini) terkejut adalah menguasai pelajaran matematika karena saat pembelajaran kalian akan sering bertemu dengan matematika.

*mimin angkat tangan kalau matematikaan wkwk*

Kakk emang jurusan ini bisa jadi hacker ya??

Wkwkwk ini pasti bayangan awal saat mendengar kata komputer kan?

Di jurusan ini kalian akan belajar basic networking atau jaringan dasar tapi untuk menjadi hacker ini belum cukup yaa diperlukan lebih banyak kemauan, usaha dan skill untuk bisa menjadi hacker.

Menurut kakak pelajaran yang paling sulit apa aja nih Kak? Sama yg menurut kakak paling bisa?

Pelajaran yang paling sulit adalah matakuliah pemograman yaa, karena lulusan SMA masih asing sama koding-kodingan. Kalau yang paling bisa mata kuliah yang berkaitan pendidikan dan matematika.

Bisa nggak sih Kak kalau anak IPA, Bahasa, atau SMK gitu terjun ke jurusan ini?

Bisaa! Apalagi kalau anak SMA IPA dan SMK jurusan komputer kalian lebih mudah untuk terjun jurusan ini.

Mitos vs fakta  di jurusan ini ada apa aja?

Katanya anak komputer harus serba bisa, "Bisa balikin akun facebook yang di retas gak?"

"Benerin handphone rusak bisa gak?"

sampai benerin TV, kulkas, dan AC wkwk. Sebenarnya komputer itu banyak bidangnya dan kalian akan memilih bidang mana yang akan diperdalam.

Kak bisa sharing masa-masa awal kuliahnya? Dari adaptasi, tugas kuliah dsb

Awal kuliah di jurusan ini masih kesulitan dengan yang namanya pemograman dan bongkar pasang PC (Personal Computer). Kemudian mulai belajar ikut kursus online dan belajar kelompok sama teman yang punya skill yang bagus dan alhamdulilah bisa beradaptasi.

Tugas-tugasnya lebih ke apa aja sih Kak?

Tugas kuliah lebih banyak membuat project aplikasi dengan berbagai bahasa pemograman baik secara individu dan kelompok.

Lebih banyak praktik atau teori?

Jurusan ini ada kelas praktik dan teori, biasanya untuk mata kuliah yang pemograman dan jaringan ada kelas teori dan praktiknya.

Pas KKN jurusan ini gimana pengaruhnya ke Kakak dan ke masyarakat?

Untuk praktik lapangan kami bisa memilih untuk mengajar ke SMK jurusan komputer dan SMA yang ada matapelajaran TIK atau bisa magang di lembaga dan perusahaan sebagai tenaga IT.

Bisa di ceritain suka dukanya kuliah online di masa pandemi seperti sekarang..

Karena sudah mengenal yang namanya pembelajaran dalam jaringan(daring) atau jarak jauh sebelum adanya pandemi, kami gak terlalu sulit untuk kuliah online. Yang sulit itu kalau sedang mengambil praktik mengajar ke sekolah jadi ngajar online wkwkwk.

Apa saja Kak keuntungan dan kerugian kuliah online?

Keuntungannya kita bisa kulliah daring di rumah sambal rebahan wkwk dan kerugiannya harus sering beli kuota internet yaa..

Pengalaman menjelang kelulusan pada saat pandemi cov19..

Penelitian skripsi yang seharusnya dilaksanakan bulan Maret 2020 harus tertundah selama 4 bulan :'( karena sekolah diliburkan.

Prospek kerjanya kemana aja?

Kalian bisa memasuki dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik (guru), tenaga IT di perusahaan atau instansi, freelancer, dan wirausahawan.

Menurut Kakak hal-hal apa saja yang wajib dilakukan oleh mahasiswa yang berguna bagi masa depannya?

Maksimalkan kesempatan kamu di bangku kuliah untuk belajar, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu yaa. Terutama yang kuliah di bidang IT, tugas kuliah masih belum cukup untuk meningkatkan skill kalian. Banyakin ikut kursus online dan pelatihan. Terus jangan lupa ikut organisasi dan kegiatan kampus lainnya.

Lulus jurusan ini gelarnya apa ya Kak?

S.Pd soalnya jadi guru :)

Tips dan trik kuliahnya dong Kak..

Tipsnyaa dan trik kuliah buat kalian jangan takut untuk mencoba hal yang baru, terus belajar dan cobalah untuk keluar dari zona nyaman.

Bisa di kasih pesan dan kesan selama kuliah di jurusan ini? Untuk adek-adek yang mau kuliah di jurusan yg sama.

Semangat buat adek-adek yang berjuang masuk kuliah. Bagi yang mau kuliah di jurusan ini, perbanyak pengetahuan mengenai sains dan teknologi yaa terutama logika matematika.

Pesan dan kesan buat teman2 yang struggle nyusun skripsi di masa pandemi..

Jangan sedih walaupun kita harus wisuda online ya, semoga masa pandemi ini cepat berakhir.

__

Wah tuh tuh ternyata gak jadi hacker aja gaes anggapan salah kaprah, eh tapi bisa jadi beneran si kalau ilmunya ditekuni wkwk asalkan jadi hacker yang baik yaa. Saya juga baru tahu ternyata pelajaran matematikanya kepake banget di jurusan ini wkwk.

Okaii, terima kasih Kak Faridah sudah meluangkan waktunya untuk kita kepoin. Selanjutnya kita kepoin mahasiswa/i jurusan apa lagi ya? Bisa komen disini dan titip pertanyaan bisa tulis disini..

Terima kasih kalian sudah membaca sampai chapter sini, insya Allah nanti kita kepoin jurusan yang lainnya yaa..

Wassalamualaikum, salam hangat green-ruvelar

Kamis, 24 September 2020


Catatan Kuliah Bagian 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang