Bismillahirrahmanirrahim, assalamualaikum aloo!
Alhamdulillah bisa dapat narasumber lagi langsung dari jurusan yang bersangkutan daann kali ini kita ke jurusan Kesehatan Lingkungan. Yuk langsung aja cus kepoinnya..
__
1. Haloo Kakk! Boleh kenalan dulu dong buat adik-adik pembaca, nama Kakak, dari jurusan apa, fakultas, dan univ apa?
Bolehh..
Panggil aja ZAK, usia 21 tahun asal Kalimantan Selatan. Dari jurusan Kesehatan Lingkungan prodi Sanitasi program Diploma III, di Politeknik Kesehatan Kemenkes Banjarmasin. Oh iya, saya angkatan 2017 dan baru diwisuda tanggal 19 Agustus lalu.
2. Kenapa kok Kakak memilih memilih jurusan ini selepas SMA?
Sebenarnya bukan pilihan sih, lebih kepada jalan terakhir.
3. Cerita perjuangan Kakak masuk jurusan ini dong Kak..
Yakin nih mau baca ceritanya? Soalnya bakal panjang banget kayak naskah novel (barangkali ini juga akan menjawab pertanyaan no. 2).
Waktu deket-deket UN itu kan ada pendaftaran jalur SNMPTN. Nah, saya dapat masukan dari temen buat daftar jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di salah satu PTN yang ada di Jawa Timur. Karena temen saya ngeliat kalau saya punya potensi di sana, di samping itu saya juga merasa demikian.
Setelah daftar dengan persiapan portofolio dan berkas-berkas lain (yang saya ngga nyangka birokrasinya bakal ribet banget), sampai lah pada waktu pengumuman. Saya sebenarnya ngga berharap banyak, apalagi pas ngelihat respon keluarga setelah tahu saya daftar di PTN luar Kalimantan. Tapi apa mau dikata, nyatanya saya lulus. Pada saat itu ternyata saya bahagianya cuma sendirian, keluarga saya ngga.
Jadilah selama masa libur menjelang pengukuhan, temen-temen yang sibuk daftar ulang—saya sibuk ngeyakinin Ayah kalau saya niatnya kuliah di DKV. Bilang kalau hidupnya ngga bakal sendirian, soalnya juga ada temen yang lulus di sana. Tapi Ayah yang kayak setengah hati, antara ngizinin dan minta daftar di PTN lain di Kalimantan.
Saya benar-benar bingung. Sekitar satu minggu menjelang daftar ulang, saya galau parah, bimbang, nangis yang ngga ada jalan keluar. Pokoknya waktu itu ngga ada pikiran buat nyari beasiswa, karena memang belum pernah riset tentang gimana bisa dapat beasiswa. Saya juga ngga ada pikiran buat konsultasi ke guru BK atau wali kelas. Saya se-egois itu dan mungkin itu juga yang bikin saya nyerah buat kuliah di DKV.
Kemudian, tepat di hari saya yang semestinya daftar ulang di DKV. Saya ikut ujian tertulis di Poltekkes dengan pilihan jurusan Kesehatan Lingkungan. Tertekan pasti sih. Soalnya, saya ngga pernah ada bayangan bakal kuliah di bidang kesehatan.
Alhamdulillah Tuhan punya rencana lain, saya lulus di jurusan Kesehatan Lingkungan dengan nilai tertinggi uji tulis urutan ketiga.
4. Basic keahlian atau pelajaran yang harus dimiliki untuk belajar di jurusan ini ada apa aja kak?
Berdasarkan pengalaman saya, jurusan Kesehatan Lingkungan atau disingkat Kesling ini seperti mencakup keahlian yang dimiliki anak fakultas teknik. Kemudian, Kesling juga banyak hitung-hitungan dan pemahaman tentang kimianya. Jadi, kalau kamu punya basic bagus di bidang MIPA—itu nilai plus.
5. Menurut kakak pelajaran yang paling sulit apa aja nih Kak? Sama yg menurut kakak paling bisa?
Sumpah, kalau yang ada ujung kimia fisikanya itu pasti susah banget. Meskipun dosennya terbilang enak dan pembawaannya bikin kita paham, tetap susah aja gitu buat saya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Kuliah Bagian 2
Acak(SILAHKAN CEK BUKU 3 JUGA) Selamat datang di perkuliahan 🌤 Isi dari buku ini kurang lebih sama :) - Kepoin jurusan kuliah dari narasumber anonim maupun non-anonim - Tips dan trik perkuliahan - Dilema anak perkuliahan - Cerita dari dunia...