#catatandari Anak Kedokteran Hewan

224 14 5
                                    

Bismillahirrahmanirrahim, aloo assalamualaikum!

Yey! Alhamdulillah masih diberikan umur panjang buat kasih tahu pengalaman dari narasumber anonim yakni anak kedokteran hewan dari salah satu universitas favorit, yap UGM!

Wagela si sapa nih yang kemaren nungguin? Wkwk, cuslah langsung share juga ke teman-teman kalian yang kepo sama jurusan ini yak!

Siap-siap baca yak soalnya si narasumber banyak sharing pengalamannya! Whoop!

__

1. Haloo Kakk! Boleh kenalan dulu dong buat adik-adik pembaca, nama Kakak, dari jurusan apa, fakultas, dan univ apa?(angkatan boleh disebutin wkwk)

Anonim aja yaa wkwk dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM angkatan 2016.

2. Kenapa kok memilih memilih jurusan ini selepas SMA Kak?

Sebenernya memang cita-cita dari kecil pengen jadi dokter tapi dulu maunya jadi dokter anak terus waktu SMP tiba-tiba aja kepikiran pengen jadi dokter hewan karena kan pasiennya macem-macem dan lucu-lucu.

Cuma ngga pernah cerita ke orang tua jadi semacam keinginan terpendam. Jadi ketika SNMPTN belum daftar FKH tapi ketika SBMPTN dan ujian mandiri baru pilih FKH UGM.

3. Ada cerita perjuangan dibalik memilih jurusan ini Kak? Soalnya aku tahu buat masuk ke Univ ternama itu susah, huhu..

Kalau untuk perjuangan aku rasa buat semua jurusan pastinya sama aja ya belajar yang bener-bener dan ngga lupa diimbangi dengan doa. Standart ajasih kalau yang aku lakuin kaya belajar secukupnya ikut bimbel juga, yang penting kalo mau masuk jurusan kedokteran hewan kayanya mesti kuat di ilmu biologi dan kimia pas ujiannya.

4. Apa aja basic yang harus dimiliki untuk belajar di jurusan ini kak?

Untuk basicnya kayanya sama dengan jurusan yang berhubungan dengan medis yaitu biologi sama kimia dan hal penting lainnya juga mesti rajin baca, karena kan di jurusan ini mau ngga mau nantinya materi yang harus dihafal ada banyak banget. Satu lagi hal tambahan kayanya harus sayang hewan atau at least peduli.

5. Kak apakah kalau mau ambil jurusan ini harus pintar bahasa Inggris?

Aku rasa nggak wajib tapi akan lebih mudah kalau bisa berbahasa inggris

Nggak harus yang pinter banget tapi yg penting paham aja, karena bakalan lebih mudah untuk memahami materi atau mungkin ketika nulis laporan praktikum atau skripsian, atau belajar biasanya referensi jurnal atau buku yang dipakai banyak yang internasional soalnya memang bidang kedokteran hewan di luar negeri kan udah lebih maju jadi ya lebih lengkap biasanya buku-buku atau jurnal-jurnal dari luar.

6. Kak kalau jurusan ini tuh apakah sama kayak jurusan kedokteran umum? Kayak setelah dapat gelas S.Ked harus lanjut lagi sampai gelar dr lagi atau bisa langsung kerja?

Jadi awal yang harus dijalani itu kuliah S1 (8 semester) untuk dapet gelar S.K.H jadi untuk di UGM sendiri mata kuliah di jurusan kedokteran hewan itu memang udah dipaketin gitu jadi mau ngga mau ya paling cepat lulus 8 semester (4 tahun). Setelah wisuda untuk dapet gelar drh harus menjalani koas kurang lebih 3 semester.

7. Mitos vs fakta yang terjadi di jurusan ini ada apa aja Kak?

Mitosnya apa yaa mungkin diluaran kayanya dimata orang-orang dokter hewan pasti berani sama semua hewan atau ahli menangani semua hewan tapi faktanya beberapa yang aku tau juga ada yang takut terhadap hewan tertentu.

Catatan Kuliah Bagian 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang