Aluna Selaras Jingga, gue si anak bungsu dari 2 bersaudara. Kaka gue perempuan juga kita beda 4 tahun, dia sekarang jadi designer local yang cukup punya nama, Bias Senja. Kak Bi ini saingan dan pembanding gue seumur hidup kayanya. Meskipun makin dewasa kita makin deket sih jadi temen curhat lah, shopping, nyalon, tapi deep down inside gue akan selalu ngerasa saingan sama dia karna papa akan selalu ngebanggain anak perempuan pertamanya yang punya segudang prestasi dan hal lain yang bisa dibanggakan, sedangkan gue.....ngga.
"Papa kalo lagi kumpul sama temen-temen, pasti nyeritainnya kakak kamu karna dia bisa masuk smp, sma sampe kampus yg papa targetin. Coba kamu, apa yg bisa di banggain?"
Omongan papa yang bikin gue menilai diri sendiri sebagai manusia paling bobrok.Sampe waktu gue gak lolos tes buat masuk beberapa univ negeri, dan berakhir masuk univ swasta di Bandung.
"Gimana susah kan jadi orang bodoh?"
Abis denger omongan itu gue makin ngerasa terdorong untuk keluar dari rumah sampe mutusin tinggal sendiri ngekost. Awalnya ditentang sih terus sampe disaranin buat tinggal sama nenek, tapi gue yakin pasti nenek jadi mata-matanya mama sama papa. Kak Bi ikut-ikutan nyuruh tinggal di salah satu apartmentnya, tapi gue tolak juga dengan alasan aksesnya macet jadi gak bisa buru-buru. Sampe akhirnya kesampean deh gue ngekost sendiri.Temen-temen kampus biasa manggil gue al ato luna, tapi kalo orang rumah biasa manggil yayas panggilan kecil gue. Banyak yg ngira gue pendiam, karna gue emang gak akan banyak omong sama orang baru atau gak terlalu deket tapi kalo udah sama circle yang gue anggap nyaman, gue bakal bacot mulai dari hal penting sampe sampah.
«»«»
Di Minggu pagi yang cerah ini gue kebangun waktu denger dering hp yang gak berhenti dari tadi, siapa juga sih yang nelfonin pagi-pagi begini. Dengan suara khas orang baru bangun yang serak-serak itu gue cuma jawab "hmm" tanpa liat siapa pelaku di balik telfon tanpa henti itu. Tiba-tiba orang di sebrang sana bersuara
"baru bangun ya?"
pas diliat ternyata yang telfon adalah Kak Asa alias bapaketu. Buru-buru gue duduk dan berusaha menghilangkan suara bantal ini,
"eh iya kenapa kak?"
"gak lupa kan lo sekarang kita harus ke cfd?"
pas liat jam 06.48 dan gue janjian sama anak-anak itu jam 7 mampus aja gue jam segini baru bangun.
"aduh kayanya gue bakal agak telat deh kak, ya udah ya siap-siap dulu ba--"
pas gue mau tutup telfonnya Kak Asa ngomong lagi yang langsung bikin gue pengen pingsan aja saat itu juga.
"buruan, gue udah di depan kosan dari tadi nih" jawabnya yang agak ngegas.Siapa suruh nungguin gue sih, mana gak ngabarin dulu lagi ah bisa banget bikin orang jantungan.
Dengan kecepatan penuh gue langsung ke kamar mandi ganti baju seadanya yang cuma pake kaos oversize, legging, dan topi buat nutupin rambut lepek ini. Oh iya gak lupa juga bawa sedikit alat make up biar gak buluk-buluk amat.
Pas keluar gerbang, bener aja itu orang udah berdiri ganteng di sebrang kosan.
"pagi bapaketu yang terhormat, maaf lama" sapa gue ramah dengan cengiran lebar, yang cuma dia belas dehaman dan langsung ngajak cabut.Di mobil dia fokus sama jalanan, dan gue sibuk dengan sunscreen, cushion, bedak, dan lipcream, gak ada tuh inisiatif nyalain lagu alhasil di dalam mobil sepi sunyi, cuma sayup-sayup suara kendaraan lain di luar.
Tapi akhirnya Kak Asa ngomong juga
"ngapain sih dandan segala?" sambil ngelirik gue, pengen deh gue jawab 'MENURUT L?!' tapi inget dia siapa jadi gue jawab versi sabar
"ya biar gak buluk-buluk banget lah kak" agak sebel emang tapi dengan tidak tahu malunya gue lempar pertanyaan lain yang menurut gue lebih penting
"kak bawa perfume gak?" terus nyengir lagi deh gue, kering kering dah ini gigi nyengir mulu.
Dia langsung ngambil di bawah armrest yang ada di antara kita, dan gue mau nangis mintanya pas liat itu perfume mahal banget ya tuhan ini bisa buat bayar kosan gue 3 bulan kedepan kali. Tapi bodo amat karna butuh gue semproting aja dari ujung kepala sampe ujung kaki, berhubung gak sempet mandi pake air jadi mandi pake perfume aja dulu. Dia liatin gue cuma berdecak sambil geleng-geleng.Setelah sampe cfd gue langsung bantuin anak-anak jualan sambil keliling, sumpah capek banget dan leper karna baru melek langsung kesini gak sempet sarapan, tadi sempet makan satu gorengan yang bakal dijual sih tapi hey mana kenyang nih perut karet gue. Waktu lagi ngadem duduk di trotoar bawah pohon tiba-tiba ada tangan besar yang nyodorin gue burger, pas dongak ternyata Kak Asa.
"buat gue nih kak?" gue yakin muka gue saat ini pongo bgt
"gamau? yaudah" katanya dan langsung mau dia makan.
Enak aja mau ngasih tapi malah mau dia yang makan, buru-buru gue rebut lah dan langsung dilahap.
"twenngkhu" dengan mulut penuh satu gigitan burger gue gak lupa buat berterimakasih.
Terus jidat gue di toyor dong pake telunjukanya "telen dulu, jorok" emang gabisa ya biasa aja gitu ngomongnya. Untung bapaketu nih yang noyor kalo bukan udah gue bales.Sebenernya kedekatan gue sama Kak Asa ini baru sih, awalnya kita pernah sekelas pas gue ngambil semester pendek yang ternyata masuk kelasnya dia terus kita juga sempet dapet tugas kelompok jadi akrab deh jadinya. Ohiya kita makin deket lagi pas masuk kepanitiaan salah satu acara jurusan, terus kita juga sering kebagian keliling medpart dan ngajuin prop sana-sini. Tapi makin sini makin gak jelas kedekatannya, soalnya dia sering tiba-tiba minta anter di luar urusan kampus kaya sekedar belanja lah, makan, nongkrong sambil curhat, atau cuma cek toko bajunya. Kita gak intens chatting atau telfonan tapi ya ada aja yang diobrolin gitu. Kalo pada nanya friendzone ya? kakak-adek-zone ya? Jawabannya ngga, gak tau. HAHAHA. Ya pokonya gitu deh, yang jelas kita akrab aja udah.
«»«»
Notes:
Halo aku masih belajar nulis, maaf ya kalo banyak typo dan ceritanya gak jelas hihi semoga bisa konsisten.
KAMU SEDANG MEMBACA
LOWKEY
FanfictionCerita sehari-hari Aluna Selaras Jingga dengan segala konfliknya. Jangan tanya deh alurnya kemana, baca aja dulu. ps: Most of the pics on this story are from Pinterest and Instagram