Berpisah Itu Mudah

1 0 0
                                    

Iren P.O.V

"Din, lo kenapa sih? Berantem sama kang Wastu? Dia ngapain lo?" Tanya Ineu bertubi-tubi saat pagi ini aku memutuskan untuk keluar kamar, dan mereka langsung mengerubungiku di meja makan.

"Engga." Jawab gue singkat.

"Kang Wastu malem kemaren keliatan khawatir banget loh sama lo, lo gak keluar kamar, skip makan malem juga." Tambah Hana.

"Gue gak percaya. Ngapain juga dia khawatirin gue?"

"Lah, kalian emang lagi deket kan? Wajar lah kalo dia khawatirin lo. Apalagi sebelumnya kalian kaya lagi ada masalah. Keliatan bersalah juga Doi." Timpal Hana.

"Coba gue mau nanya sama kalian. Misal nih ya, ada cowo yang udah keliatan tertarik sama lo, lo juga tertarik sama dia. Udah keliatan deket banget, maksud gue sikapnya tuh kaya pacar gitu, hmm... udah berani skinship, Gandeng tangan, posesif banget tiap ketemu orang yang kita kenal apalagi cowo ditanyain siapa-siapanya. Padahal kita gak pacaran loh ya, baru pdkt. Risih gak sih?" Kompak mereka mengangguk semua.

"Lo bilang aja itu kisah lo." Cibir Ineu.

"Emang iya, itu yang Wastu lakuin sama gue. Wajar dong kalo gue pengen minta kejelasan soal hubungan gue sama dia? Kalo kita udah jelas statusnya, dia mau nanya apapun tentang gue, bakal gue jawab."

"Terus respon dia?" Tanya Hana.

"Dia ngerti, tapi pura-pura gak ngerti."

"Dia tuh kaya yang udah nyaman gitu jalan sama gue tanpa status, ya gue gak mau lah, sorry aja yah. Emang gue cewek apaan? Sekalipun gue suka sama dia, gue juga masih punya otak buat mikir. Gue takut, suatu saat perasaan gue sama dia makin dalem, terus kalo dia tiba-tiba ninggalin gue, atau nemuin cewek yang lebih segalanya dari gue, dan saat gue tahan dia buat gak ninggalin gue, dia bakal bilang 'emang kita pacaran?'" dan kompak mereka geleng-geleng kepala.

"Okelah kalau ada yang bilang gue lebay, or anything they fucking said about me, yang pengen ada pengakuan dengan kalimat 'gue cinta sama lo' or 'mau gak jadi pacar gue?' itu semua oldskull, cara kuno, Kalo emang cinta dengan perlakuan aja udah cukup. Tapi gue enggak bisa gitu. Gue lebih mentingin hati gue buat diselametin. Daripada sakit nanti pas gue udah feeling so deep sama dia, terus dia ngecewain gue, mending sekarang pas lagi awal-awal gue mundur, gue tinggal cari distraksi lain yang bisa bikin gue lupa sama itu cowok." Dan mereka semua mengangguk.

"Please, ngertiin gue sebagai sesama cewek. Gue cape buat berharap yang ujungnya hubungan gue gak berhasil. Udah cukup Dio dan Gilang, jangan ada Dio dan Gilang yang lainnya lagi."

"Gue dukung lo selama keputusan lo bikin lo bahagia Din." Ucap Ineu sambil mengusap-usap punggungku, disusul oleh Hana dan Nina yang memelukku.

Setidaknya, saat hati ini yang sedang tak baik-baik saja, aku memiliki mereka yang bisa mengerti dan memahami keadaan aku, tanpa menghujat ataupun mencela.

****
"Pagi!" Sapanya sambil menyodorkan susu kotak rasa taro favoritku.

Aku tak bergeming, enak aja dia, maksudnya apa ngasih susu? Nyogok biar baikan lagi? Big No! Tapi kalo dianggurin juga sayang sih.

"Buat kamu." Ucapnya lagi.

Yaudahlah yah, sayang juga kalo gak diterima, lagipula aku belum minum susu juga pagi ini.

"makasih." Ucapku datar tanpa melihat wajahnya, kemudian pergi meninggalkan dia sendirian di meja piket. Bodo amat disebut gak sopan juga.

Saat aku berkumpul dengan teman-temanku di meja bawah pohon tak jauh dari meja piket, Fikar memberitahu kalau Gilang meminta nomor kontakku padanya.

Our JourneyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang