BAGIAN 2. KURSUS KURSUS

4.8K 109 7
                                    

Rencananya hari ini aku mau medaftarkan diri pada kursus terdekat. Yang pertama BAHASA INGGRIS. Yang kedua AKUNTANSI BON A ( aneh gak sobat...orang mah mendaftar kuliah gitu ya)
Lokasi yang kupilih adalah Kampung M di daerah Jatinegara.

"Tan, setelah aku bereskan semua, aku mau daftar kursus ya. Biar enggak kelamaan nganggur." Ijinku.

"Oh harus itu. Kamu harus bisa apa yang kamu mau"

"Iya Tan. Pasti itu. Tujuan aku kan mau cari kerjaan dengan modal sertifikat kursus itu"

"Ya gak papa. Kamu boleh pergi" katanya.

Akupun membereskan semuanya mulai dari ikut bantu masak, nyapu dan apa saja aku lakukan biar kelihatan sibuk.

Setelah beres aku menuju lokasi tempat kursus yang ada.

Hanya memakan waktu 3 jam lebih dari waktu berangkatku hingga mendaftar.

Beres semua dengan jadwal hari dan jam masuknya.
Kutinggalkan lokasi pulang ke rumah. Aku harus menjaga imej...supaya jangan di bilang anak nakal oleh tanteku. Biar aku bisa bertahan tinggal disana.

*****

Hari pertama aku masuk di BAHASA INGGRIS jam nya pagi...jam 10.00 teng.

Aku udah berada dilokasi 30 menit sebelum pelajaran dimulai. Biar bisa pengenalan kampus ( ciee ciee..kampus ni ye ) pikirku.
Dan lagi biar aku tau sosok sosok guru guru yang mengajar.
Sengaja aku lihat lihat papan struktur organisasi disana...oh..ini...oh itu...dan aku melihat nama Mr. A...orang barat tulen sih di fotonya...mengajar visualisasi. Ok gumamku, tidak akan kulewatkan ini. Aku tertarik wajahnya walaupun di foto aja.

Neng nong neng nong...bell masuk atau keluar ganti ruangan berbunyi. Aku menyusuri anak tangga ke lantai 2 dimana kelasku berada.

"Good morning everybody" kata pertama dari guru kami. Yang kami sahut bersamaan.

"Pelajaran ini kita perkenalan diri dulu. Introducing...harus pakai bahasa Inggris"
Sontak riuh kelas kami, karena tidak semua bisa berbahasa Inggris.

Bla bla bla....guruku memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Lalu anak anak satu per satu....tiba lah giliranku...anak cewe langsung menderu kaya motor yang kotor bensinnya....hai ganteng...hai tampan...waduh mo kursus apa nyari jodoh pikirku. Gurunya sampe mengetuk ngetuk meja supaya temen temen pada diam. Aku sih gak ngaruh ya....sebab tujuan aku belajar agar waktu yang kupatrikan 6 bulan harus selesai semua.

Akupun memperkenalkan diriku dengan terbata bata dan banyak mikirnya karena belum banyak perbendaharaan kata kata. Bandel sih waktu SMA.
Teman teman banyak yang cekikikan, karena bahasa inggris ku lihat Medan sana.

Hari itu hanya perkenalan. Tapi seru habis sampai kami pulang.

"Ehhh Ton tinggal dimana" teman se bangku ku memegang pundakku nanya alamatku sewaktu pulang. Kuperhatikan sepertinya baru lulus sma sepertiku.
Lumayan sih orangnya...tapi aku tak tertarik. Aku tuh sukanya yang 10 tahunan keatas diatas umurku atau lebih tualah.

"Oh aku di rumah pamanku di daerah....*****" jawabku sekenanya."emang kenapa mas?" tanyaku balik.

"Ahhh gak kenapa napa...kali aja nanti kalo nyasar bisa mampir"elaknya. Ada ada saja nyasar sepertinya milih lokasi. Jangan jangan belok nih anak...pikirku.

"Oh gitu...gak papa kalau nyasar nyari tempatku" seadanya aku jawab.
Mulai dari keluar kelas sampai turun tangga kami ber cakap cakap.

Aku berpapasan dengan siswa siswa lain mulai koridor sampai halaman gedung kursus. Beberapa cewe...mereka liatin aku melulu...Aku merasa tidak ada yang aneh dengan diriku. 'mo minta tanda tangan ngomong....! pikirku yang membuat aku salah tingkah karena dilihatin. Ada juga yang nanya ruangan kelas ku...hadohhh....pening aku.

"Kalo nginap di tempatmu boleh gak?

"Wahhh jangan, aku baru datang dari kampung belom mengenal pribadi paman dan tanteku baik tidaknya" sahutku agak khawatir.

"Tapi misalnya kalau kemaleman nih kita dari suatu tempat misalnya...boleh dong?"

"Boleh lah. Masa kamu udah didepan pintu aku usir, misalnya loh ya"

"Ok dah Ton...kita pisah disini. Kelasku dah gak ada...kamu lanjut Akuntansi kan?"

"Ya. Aku mau nyebrang...dahhh"

Ketika aku mau nyebrang banyak yang baru mau masuk atau pulang. Perhatian, pandangan mereka ke aku membuat aku ngeri...kenapa sampai liat macam giti. bukannya bangga ya...ngeri.

*****

Akuntansi dimulai dengan akuntansi dasar. Belom terarah. Aku agak malas. Aku buka buka diktat nya aja. Sesekali kulihat gurunya.  Enggak tertarik. Otaknya aja yang keliatan cerdas. Sosoknya aku gak tertarik sama sekali! Ton...Ton lo mo nyari ilmu atau suami sih....

MY OLD STORY...WHEN I WAS YOUNG ( GAYSTORY )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang