Bab 1

425 9 0
                                    

                      "Hai, Za." Suara lelaki itu reflek membuatku menoleh ke belakang. Sosoknya tak asing, dia sering datang ke rumah tapi sikapnya selama ini cuek dan tak peduli padaku. Saat aku melintas di hadapannya, dia hanya dia, tidak juga melirik ataupun menyapa. Aneh rasanya jika tiba-tiba dia menyapa seperti ini.                      

                           "Tetaplah di sini, Za. Mas akan mencari kakakmu." Dia menuntunku  ke sebuah bangku kosong. Mencium keningku sekilas sebelum berlalu meninggalalkan aku yang masih terbengong dengan sikapnya hari ini. Yang kutahu namanya Zein.

                            "Sepertinya pemuda itu salah minum obat, kenapa jadi aneh seperti ini?" Setiap tindakan yang dilakukannya membuatku berpikir keras tentang apa yang sebenarnya terjadi. Ada apa di balik semua ini. Secepat inikah dia berubah?

                    Mbak Santi muncul dengan senyum cerah dan gelayut manja di lengan Mas Zein. Pemuda itu hanya melirik sekilas ke arahku sebelum akhirnya berlalu. Melihat tingkah mereka yang seperti itu, ingin rasanya aku melempar semua tas belanjaan ini ke arah mereka.

                     Sepanjang perjalan pulang aku hanya bisa diam dan melemparkan pandangan ke arah jalan. Kututup telingaku dengan handset dan menyalakan musik dengan volume maximal, agar tak perlu lagi mendengarkan suara mereka yang sengaja di buat mesra seperti itu.  Jika bisa di lihat, sudah pasti kepalaku akan mengeluarkan asap yang mengepul hitam pekat, memenuhi mobil itu.

                    Sumpah ingin rasanya aku panggil Superman saja dan nebeng terbang dengannya, tidak apa-apa masuk angin yang penting aku tak melihat adegan mereka saat ini. Bener-bener bikin panas hati dan otak saja.

                     Dalam hati aku berdoa mereka secepatnya putus,agar aku tidak perlu melihat lagi kemesuman yang mereka umbar di sembarang tempat.  Sampai di halaman rumah aku langsung membuka pintu mobil dan membatingnya dengan keras. Menghentakan kakiku meninggalkan mereka.

                     "Za, bantuin bawa dunk!" teriak Mbak Santi dari dalam mobil.

                      "Ogah, bawa sendiri. Mbak kan punya dua tangan, lagian sudah nyampe rumah kan? Ndak perlu bantuan kuli panggul lagi!" balasku sambil berlalu.

                         Ibu yang melihat kedatangan kami, segera berdiri menyambut kami. Setelah mencium tangan Ibu, aku segera berlalu.  

                          "Tidak dibantu Mbakmu, Nduk?" tanya Ibu ketika aku dengan cueknya meninggalkan Mbak Santi yang sibuk mengurusi belanjaannya yang seabreg itu. Aku meliriknya sekilas dan menggeleng,toch dia sudah dapat bantuan dari pacarnya.

                     "Mau salat dulu, Bu. Keburu habis waktunya." jawabku santai sambil terus berlalu kedalam.

                        Dinginnya air wudu membuat perasaanku menjadi tenang, seolah semua kekesalan hari ini telah lenyap bersama air yang luruh ke bawah. Dalam khitmad doa aku mohon ampunan atas kesalahan dan kemarahanku hari ini hingga tampa sadar aku menguap dan tertidur tanpa melepas mukenaku. Dalam mimpiku aku seperti bertemu seorang lelaki, wajahnya masih terlihat samar. Tapi dia merentangkan tangannya padaku. Saat aku hendak menyambut uluran tangannya...

                       "Zaa ... bangun sudah sore!" Suara teriakan itu sukses membuatku geragapan, dengan serampangan aku bangkit dari tidurku dan sukses  kepalaku kejedot lantai karena kakiku menginjak mukena yang ternyata belum ku lepas.

                        Sepertinya kesialanku belum berakhir hari ini. Di dapur Mbak Santi sedang asyik mengaduk makanan. Hah, sejak kapan dia hobi ngacak-ngacak dapur, sudah insyaf kali ya? seruku dalam hati.

               "Kenapa kepala lu, Za. Jatuh?" tanya mbak santi saat melihatku masuk ke dapur dengan dahi yang memerah karena benturan tadi. Aku hanya mengangguk saja dan memeluk Ibu dari belakang,Manja.

                      "Za, mana kerudungmu? Masih ada tamu lho," ucap Ibu lembut. 

           Reflek kuraba kepalaku, aku menoleh kebelakang dan pemuda itu juga sedang melihatku. Ah, sial ... sepertinya kesialan ini akan berlanjut.

                      "Mbak jahat. Kenapa ndak bilang kalau Mas Zein masih di sini?" 

Mbak Santi malah cuek seakan tak menperdulikan nada protesku. Dia asyik menata makanan di meja.

                 Aku celingukan mencari kain yang bisa kugunakan sebagai sebagai pengganti kerudungku, akhirnya aku menyambar kain penutup meja. Beruntung di atas meja masih ada kain bersih yang belum jadi digunakan. Aku mengenakannya secara serampangan, setelah yakin kepalaku tertutup, aku keluar dari persembunyianku dan kembali ke kamar.

               "Non Za, kenapa jadi aneh gitu ya?" tanya Mbok Jem dengan polosnya. 

             Telingaku menangkap suara cekikikan di belakangku, ketika kumenoleh. Mas Zein tampak menahan tawanya yang hampir pecah. Aku menghentakan kaki, sebel. 

"Za, jangan lari!" teriak Ibu dari arah dapur.          

BRUUG...

Telat peringatannya, aku sudah nyungsep duluan di tangga. Sepertinya benjolanku bertambah satu lagi sekarang.


Aku dan KamuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang