💙Sepuluh💙

423 57 67
                                    

Irene mengetuk-ngetuk meja dengan jari tangannya, sambil menatap Mino yang ada di hadapannya. Mino diam, gak tau harus apa. Soalnya dia tau suasana hati Irene lagi gak bagus, bahkan Shasha aja gak keluar kamar karena dia juga tau kalau Bunda, Papah, dan Kak Hyunsuk lagi bersitegang.

Semuanya bermula dari semalam, Hyunsuk pulang dalam keadaan hangover. Kok bisa? Iya abis ikut party-party sama sultan Kemang. Masalahnya ya, Hyunsuk pulang nyetir sendiri. Gila gak? Gimana coba Irene gak murka, kalo mati gimana? Mana masih muda. Hyunsuk tuh terlalu mirip Papahnya jadi kaya gini.

"Kamu tau kan kalo sebenernya Hyunsuk tuh udah pernah kaya gini beberapa kali?" tanya Irene sambil melipat tangannya di dada mulai mengintrogasi Mino.

"Yang, aku bisa jelasin semuanya. Jangan pakai emosi."

Irene melotot "Gimana gak emosi? Kalau Hyunsuk kenapa-kenapa gimana? Pernah mikir gak sih kamu tuh sebagai orangtua." Nada suara Irene udah mulai meninggi.

"Kok kamu bentak-bentak aku? Aku ini suami kamu loh!" gak terima Mino dibentak Irene.

Irene akhirnya diem, Mino beneran nyeremin kalo udah kaya gini. Gak berani ngebantah dia. Se emosi apapun Irene kalo Mino udah mulai kaya gini dia langsung diem, inget kodratnya dia. Walau kadang suka lupa, dan kebablasan.

"Sejauh ini aku gak pernah tau kalo kakak minum alkohol, yang aku tau cuma kakak emang ngerokok."

"Sejak kapan?"

Mino mikin sebentar, "Awal masuk kuliah?"

"Kenapa kamu gak bilang sih Pah?"

"Hyunsuk takut sama kamu, itu alesan dia gak bilang sama kamu."

"Terus kamu diem aja? kamu tuh udah mulai rahasia-rahasiaan? Aku udah pernah bilang kan anak-anak boleh punya rahasia sama siapapun, tapi gak sama aku!" emosi.

Mino menatap Irene "Aku tanya sama kamu, kalo Hyunsuk jujur kamu bakal marah?"

"Ya jelas aku marah!"

"Nah sekarang kamu ngerti kan kenapa Hyunsuk gak mau cerita sama kamu, dan lebih milih buat rahasiain semuanya?"

Telak, Irene gak bisa jawab apa-apa lagi. Yang tadinya emosi udah ada di puncak, langsung blesssss meleleh, nangis dia sesegukan. Mino yang awalnya duduk di hadapan Irene sekarang pindah ke sebelah istrinya.

Gimana ya, dia beneran ngerasa bersalah banget jadi orangtua. Serba salah, Irene berusaha buat keras ke anak-anaknya malah jatohnya otoriter, kalo Irene ngebiarin aja nanti mereka gak punya batasan. Karena jujur aja, didikan Irene dan Mino itu beda banget. Bener-bener yang beda banget.

Irene dididik sama orangtuanya tuh keras, disiplin, semuanya tersusun rapih, ini gak boleh itu gak boleh. Yang bener itu omongan orangtua, karena didikan itulah Irene kaya sekarang, keras ke anak-anaknya. Anaknya harus ini itu, pokoknya yang menurut Irene salah itu anaknya gak boleh lakuin. Beda sama Mino, didikan orangtua Mino itu ngebebasin, bebas mau ngapain aja asal tanggung jawab sama apa yang dia lakuin, makanya dia bisa sesantai ini pas tau Hyunsuk minum dan ngerokok, because he did that too when he was younger. Ya sekarang sih masih, cuma ngerokok aja sih mabora nya udah gak.

"Aku tuh tau Hyunsuk ngerokok, cuma dia emang diem-diem awalnya ngerokok paling di luar doang, itu tandanya dia masih ngehormatin aku sebagai Papahnya. Aku bisa maklumin, toh dia masih muda, umur-umur Hyunsuk tuh emang lagi seneng kaya gitu. Tugas kita apa sebagai orangtua? Ngasih tau, ngebimbing dia biar bener. Dia tuh udah ngerti mana yang salah mana yang bener yang. Kita kasih aja tanggung jawab penuh ke dia, percaya deh kalo mereka di larang-larang malah makin ngelunjak, kalo mereka di bebasin kasih kepercayaan mereka gak akan ngelunjak, percaya sama aku."

Home.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang