7.mbah jambrong

1.1K 119 20
                                    


Mama tergopoh-gopoh berlari menghampiriku saat aku membuka gerbang depan selepas pulang kerja.

"Kenapa sih ma??"aku kembali menutup gerbang dan menyalim tangan mamaku.

"Duduk,cepet duduk.....haduhhh Din....mama sudah ke tempat mbah Jambrong tadi siang" ucapnya menggebu-gebu .

"Trus?"tanyaku sambil menghenyakan pantatku di kursi teras.

"Tuh kan beneran kamu tuh sudah dikawinin sama po'on randu deket kuburan"dengan semangat mama bercerita sambil tangannya mengambil botol di atas meja..lalu ngusapin air ke atas kepalaku .
Seperti  air mineral dalam botol kaca, tapi nggak tau itu air apaan .

"Mama paan sih"aku berusaha menolak menjauhkan kepalaku.

"Udah diem!!!,biar kamu gak di demenin lagi tuh sama penunggu pohon randu,kamu tuh kelewat wangi tau nggak  buat mereka"mama masih berusaha menuang air itu ke arahku,dengan menarik rambutku.
Buset ini si mama sadis banget kalo sudah punya niat.

"Kalo Dinda kelewat wangi,berarti kalo sudah di guyurin aer jadi bau donk ma,iya bau bacin ini aernya"aku masih berusaha menjauh.

"Jangan ngelawan mulu apa,ini juga buat kebaikanmu. Jangan bikin usaha mama sia -sia ya Din,!!!mama sudah modal banyak nih"

"Yaelah,tebang modal aer beginian doang"sahutku kesal.

"Sembarangan,ini sudah di jampe-jampe Dinda,trus mama juga bayar lima juta buat beli kambing dua ekor"

"Lah buat apa?,digulai ya ma?"

"Sembarangan,itu mahar. Buat gantiin kamu. Biar itungannya cerai  sama penunggu po'on"

"Lah buset.....mama ada-ada saja,Dinda di samain ama dua ekor kambing,ihhh nggak  sopan banget tuh dukun"

"Udah kamu pokoknya terima beres saja,biar mama yang ngurus semuanya"

"Lagi mama ada-ada saja daripada buang -buang duit beli kambing buat dukun kaga jelas,mendingan duitnya sumbangin ke panti asuhan. Ketauan ada faedahnya. Mama mah musyrik percaya begituan."aku masih kesal dengan tindakan mamaku,apalagi tindakannya bikin rambutku lepek banget kena air  nggak  jelas ini.
Pikiranku jadi berkelana .
Bagaimana kalo air ini  sudah diludahin sama dukun itu. Kan kalau di tivi -tivi biasanya di sembur tuh pake mulut.

ishhhh jijayyy banget.

Segera aku ambil tissue di atas meja untuk mengelap rambutku.

"No.jangan! Tidak boleh di lap Dinda. Tunggu sampe kering sendiri!!"mama merebut paksa tissue yang aku pegang lalu meremas dan membuangnya.

"Yaelah mama,ini perintahnya nggak  jelas....nyusahin lagi....."aku memberengut kesal sambil menarik rambutku sehingga bertambah acak-acakan.

"Susah bentaran doang,yang penting endingnya entar enak Dinda. Malu tau ..gagal nikah mulu....eh tau nggak  si embah tadi juga bilang kamu tuh gak bisa nikah ama cowo sembarangan"

"Siapa juga yang mau nikah ama cowo sembarangan!"jawabku ketus

"Maksudnya calon laki nya harus punya kriteria tertentu Dinda biar nggak  gagal lagi..."mama langsung mengambil lipatan kertas di saku celananya. Mungkin itu kertas dari mbah Jambrong kali.Lalu dibacakan dengan kencang dan lantang agar aku ngerti dan fokus mendengarkan .

"Nih,harus lahir hari jumat kliwon.karena kamu kan lahir hari selasa ....trus harus perjaka ting-ting"

" harus gitu Dinda tanyain mereka satu-satu dah pernah ML gitu ma????"tanyaku setengah sewot

"Iya donkkk,kan demi hasil yang optimal. Sudah  dengerin dulu napa jangan di potong!!,mama belum kelar...Tingginya harus diatas 180....."

"Sudah kaya mao nglamar kerja aja,pake kriteria tinggi segala"potongku kesal.

KEBELET KAWIN ( Lengkap)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang