Part 5 RAHASIA

2 0 0
                                    

Aku tahu rahasia pasti akan terungkap, hanya butuh waktu yang tepat, tetapi aku masih belum siap.

–LILA–

Aku akan coba bertanya pada mama lagi, ucap Aira. Tapi nanti mamamu marah kepada mu, ucap Dalia. Itu tidak penting yang penting aku harus mengetahui rahasia tentang Pulau Dahayu, teguh Aira sambil berjalan ke kamar Lila. Aira tunggu, ucap Karina.

Ma, pasti mama tau sesuatu mengenai Pulau Dahayu, ucap Aira. Sudah mama bilang jangan bahas Pulau Dahayu lagi pulau itu hanya mitos, ucap Mama Aira.

Tapi ma ini buktinya, ucap Aira sambil menyodorkan kedua surat ditangannya. Itu pasti hanya orang iseng, balas Ibu Aira.

Aku tidak percaya ma, mama pasti berbohong, ucap Aira.

Ra, mungkin saja mamamu benar, ucap Dalia. Iya, aku juga belum pernah dengar tentang Pulau Dahayu, ucap Karina.

Bagaimana kalian yakin kalau tidak ada Pulau Dahayu. Karena tidak ada yang mengetahui pulau itu, hanya bukti bukti saja yang ada, ucap Dalia. Bukti bukti itu juga belum jelas, sambung Karina.

Tapi aku tetap tidak yakin, gumam Aira. Perasaanku mengatakan bahwa Pulau Dahayu itu ada, lanjut Aira.

Itu hanya perasaanmu, ucap Mama Aira. Tapi mah, ucap Aira.

Sudah sayang mama mau menyapu halaman depan, ucap Ibu Aira.

Mah...

***

Dion, sedang apa, ucap Ibu Dion

Ibu, hanya istirahat, balas Dion

Ibu kenapa kesini, tanya Dion

Ibu mau ngomong sesuatu, ucap Ibu Dion

Boleh, mau ngomong apa bu, ucap Dion

Ibu tau kamu pergi ke masa lalu untuk menyelamatkan ibu, ucap Ibu Dion

Bagaimana ibu bisa tau, kaget Dion

Maafkan ibu, ibu tadi mengikuti mu ke hutan dan mendengar semuanya, ucap Ibu Dion

Jadi ibu tau aku berbohong pada ibu, ucap Dion, maafkan aku ibu.

Sudah, tidak apa apa, ucap Ibu Dion. Tapi bagaimana bisa kamu ke masa lalu, ucap Ibu Dion. Aku menemukan buku ini di hutan.

Ibu, jadikan ini rahasia diantara kita ya, ucap Dion

Baiklah, jika nanti ibu mau memberitahu hal ini ke orang lain, ibu akan memberitahumu, ucap Ibu Dion.

Terimakasih ibu, lega Dion.

***

Ma ayo jelaskan dimana Pulau Dahayu itu, ucap Aira. Sudah mama jelaskan mama tidak tau apa-apa, ucap Ibu Aira. Mama pasti berbohong, mama pasti tau sesuatu, bantah Aira.

Ada apa ini, ucap ibu Dion yang mendengar keributan mereka. Tante Nera, Aira mau tanya, ucap Aira. Tanya apa, heran Ibu Dion. Dimana Pulau Dahayu, apakah benar pulau itu telah dikuasai makhluk jahat, tanya Aira.

Tolong jangan beritahu Aira, Ner, ucap Mama Aira. Sebaiknya hal ini jangan di rahasiakan lagi, La, ucap Ibu Dion. Tapi..., ucap Mama Aira.

Waktu kecil pulau itu adalah tempat tinggal tante dan mamamu dulu, ucap Ibu Dion.

Apa, jadi Pulau Dahayu itu beneran ada, ucap Aira. Kenapa mama berbohong padaku, tanya Aira. Kenapa mama juga menyembunyikan ini dari aku, lanjut Aira.

Maafin mama sayang, mama gak mau kehilanganmu sayang, ucap Mama Aira sambil memeluk Aira. Kenapa mama berpikir seperti itu, mama tidak akan pernah kehilangan diriku, sedih Aira.

Tetapi setelah kamu mendengar cerita ini, pasti kamu akan pergi dan meninggalkan mama, ucap Mama Aira. Jangan bilang begitu mah, ucap Aira.

Menjelajah Waktu (WM)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang