Rabu, 11 April 2021📋🖋️🪶
•Ukuran Cerita•❄️ Menetapkan apa yang memisahkan cerita pendek dari format fiksi lainnya yang lebih panjang adalah sesuatu yang problematik. Sebuah definisi klasik dari cerita pendek ialah bahwa ia harus dapat dibaca dalam waktu sekali duduk (hal ini terutama sekali diajukan dalam esai Edgar Allan Poe "The Philosophy of Composition" pada 1846). Definisi-definisi lainnya menyebutkan batas panjang fiksi dari jumlah kata-katanya, yaitu 7.500 kata. Dalam penggunaan kontemporer, istilah cerita pendek umumnya merujuk kepada karya fiksi yang panjangnya tidak lebih dari 20.000 kata dan tidak kurang dari 1.000 kata.
🧊 Cerita yang pendeknya kurang dari 1.000 kata tergolong pada genre fiksi kilat (flash fiction). Fiksi yang melampuai batas maksimum parameter cerita pendek digolongkan ke dalam novelette, novella, atau novel.
Sumber : Internet📋🖋️🪶
@Format Pertanyaan
Nama || Pertanyaan
~~~~~~~~~~~~~
1. Ka || Bagaimana membedakan cerita pendek, novelette, novella dan novel dalam genre fiksi?
2. Kak, jika cerita mini, minimal berapa kata, ya?
3. Miya || Kak, terkadang kan ada cerpen yang dijadikan cerbung. Nah, jumlah katanya melebihi batas ketentuan cerpen yaitu 20.000 kata. Itu bagaimana kak?
Jawaban:
1. Untuk membedakannya, biasanya berbeda dalam jumlah kata. Jika cerpen tidak kurang dari 1.000 dan tidak lebih dari 20.000 kata, novellette biasanya 7.500 sampai 17.500 kata, novella 17.500 dan tidak lebih dari 40.000 kata, sedangkan novel 40.000 kata atau bisa lebih tergantung kebutuhan.
2. Untuk cerita mini rata-rata berkisar 250-1000 kata.
3. Memang cerbung itu beberapa kumpulan cerpen, tetapi cerbung memiliki batasan katanya tersendiri, tidak sama dengan kata yang dimiliki untuk cerpen. Kalau tidak salah, 15.000-25.000 kata, dan biasanya perseri ceritanya 3.000-5.000 kata.
KAMU SEDANG MEMBACA
Goresan Pena
KurzgeschichtenDi sinilah tempat pengetahuan mengenai dunia literasi. Kita memberikan materi yang bersangkutan dengan literasi. Kami memulai materinya dari sejarah hingga sekarang, tentunya kami dibantu oleh beberapa rekan kerja kami. Salah satunya adalah Founder...