•• Pengertian Dialog, Monolog, Prolog, dan Epilog ••

30 1 0
                                    

Selasa, 31 Agustus 2021
•Pengertian Dialog, Monolog, Prolog, dan Epilog•

Materi Dialog, Monolog, Prolog, dan Epilog

Hai, teman-teman! materibahasa.com, sekarang kita akan membahas tentang Pengertian Dialog, Monolog, Prolog, dan Epilog. Materi ini akan sangat berhubungan dengan yang namanya komunikasi, komunikasi adalah cara menyampaikan sesuatu. Kemudian, apa hubungannya? Apakah dialog, monolog, prolog, dan epilog ini termasuk komunikasi? Dalam hal apa? Apakah ada hubungannya dengan Drama?

Untuk lebih memahaminya, yuk, kita baca penjelasannya berikut ini.

Pengertian Dialog, Monolog, Prolog, dan Epilog
Jadi Dialog, Monolog, Prolog, dan Epilog merupakan bagian dari unsur DRAMA, yaitu unsur instrinsik dialog. Drama merupakan karya seni yang bertujuan untuk menyampaikan pesan dengan seni peran. Menyampaikan pesan, berarti berkomunikasi.

∆∆ Pengertian Dialog

Dialog adalah komunikasi antar tokoh dalam sebuah seni peran drama, biasanya dilakukan oleh dua orang tokoh atau lebih.

∆∆ Pengertian Monolog

Monolog adalah percakapan yang hanya dilakukan seorang diri, misalnya dalam sebuah drama yaitu ada tokoh yang hanya ada satu orang, dan ia hanya berkomunikasi kepada dirinya sendiri.

∆∆ Pengertian Prolog

Prolog adalah penyampaian pengantar tentang sebuah drama yang akan di tampilkan, keadaan atau gambaran secara umum dari sebuah cerita drama.

∆∆ Pengertian Epilog

Epilog adalah bagian penutup atau akhir dalam sebuah drama, epilog berisi kesimpulan atau pesan yang bisa diambil dari drama.

Sumber : Internet 📋🖋️🪶

Goresan PenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang