•• Unsur Penyusun Cerpen ••

14 1 0
                                    

Rabu, 3 Maret 2021📋🖋️
•Unsu Penyusun•

⚔️ Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya itu sendiri.

⚔️ Unsur–unsur intrinsik cerpen mencakup:

🌀 Tema adalah ide pokok sebuah cerita, yang diyakini dan dijadikan sumber pada cerita.

🌀 Latar(setting) adalah tempat, waktu, suasana yang terdapat dalam cerita. Sebuah cerita harus jelas di mana berlangsungnya, kapan terjadi dan suasana serta keadaan ketika cerita berlangsung.

🌀 Alur (plot) adalah susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.

⚔️ Alur dibagi menjadi 3, yaitu:

🌀 Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.

🌀 Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).

🌀 Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.

🎻 Alur meliputi beberapa tahap:

☕ Pengantar: bagian cerita berupa lukisan, waktu, tempat atau kejadian yang merupakan awal cerita.

☕ Penampilan masalah: bagian yang menceritakan masalah yang dihadapi pelaku cerita.

☕ Puncak ketegangan / klimaks: masalah dalam cerita sudah sangat gawat, konflik telah memuncak.

☕ Ketegangan menurun / antiklimaks: masalah telah berangsur–angsur dapat diatasi dan kekhawatiran mulai hilang.

☕ Penyelesaian / resolusi: masalah telah dapat diatasi atau diselesaikan.

⚔️ Perwatakan

🌀 Menggambarkan watak atau karakter seseorang tokoh yang dapat dilihat dari tiga segi, yaitu melalui:

🎻 Dialog tokoh

🎻 Penjelasan tokoh

🎻 Penggambaran fisik tokoh

⚔️ Tokoh

Tokoh adalah orang orang yang diceritakan dalam cerita dan banyak mengambil peran dalam cerita.

⚔️ Tokoh dibagi menjadi 3, yaitu:

☕ Tokoh Protagonis: tokoh utama pada cerita

☕ Tokoh Antagonis: tokoh penentang atau lawan dari tokoh utama

☕ Tokoh Tritagonis: penengah dari tokoh utama dan tokoh lawan

❄️ Nilai (amanat) adalah pesan atau nasihat yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita.

⚔️ Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra.

⚔️ Unsur ekstrinsik meliputi:

🎻 Nilai-nilai dalam cerita (agama, budaya, politik, ekonomi)

☕ Latar belakang kehidupan pengarang

🎻 Situasi sosial ketika cerita itu diciptakan

Sumber: Internet📋🖋️

Goresan PenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang