Selasa, 13 Juli 2021 📋🖋️🪶
•21 Jenis Novel Berdasarkan Genre, Genre Cerita, Serta Isi dan Tokohnya•📋 Jenis Novel.
Apakah kamu gemar menulis novel? Jika iya, saatnya menerbitkannya. Kenapa? Karena buku novel menjadi salah satu buku yang banyak diminati oleh pembaca di Indonesia.Tentu ini menjadi sebuah peluang bukan? Ya, peluang ini tentu dapat kalian gunakan jika kalian berminat menjadi penulis novel. Novel merupakan salah satu jenis buku fiksi yang sampai saat ini memang masih banyak peminatnya.
Novel merupakan suatu karya sastra berbentuk prosa naratif yang panjang, dimana di dalamnya terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang di sekitarnya dengan menonjolkan sifat dan watak dari setiap tokoh dalam novel tersebut.
Ada juga yang mengatakan bahwa pengertian novel adalah suatu karangan berbentuk prosa yang di dalamnya terdapat unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Tidak seperti cerpen (cerita pendek), isi cerita sebuah novel jauh lebih panjang dan kompleks, serta terdapat pesan tersembunyi yang ingin disampaikan kepada pembacanya.
🪶 Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Genre
Dalam novel terdapat beberapa genre yang perlu Anda ketahui. Genre adalah model paling dasar pada sebuah cerita atau hasil karya fiksi. Genre juga erat kaitannya dengan kategorisasi yang tidak ada batasnya.Biasanya penulis akan melakukan sebuah eksperimen guna mengetahui tren yang ada didalam masyarakat, hingga akhirnya mampu menghasilkan hasil karya fiksi yang benar-benar di apresiasi oleh pembaca.
Jika kamu ingin menjadi seorang penulis karya fiksi seperti novel maka kamu wajib mengetahui genrenya terlebih dahulu. Hal ini juga ada kaitannya dengan pemilihan tema yang akan kamu kembangkan. Untuk menentukan genre pada karya fiksi yang kamu buat, kamu harus pandai-pandai untuk bisa berimajinasi ataupun menganalisa.
Karena genre karya fiksi tersebut nantinya dapat dikembangkan menjadi lebih luas pada cerita yang kamu tuliskan. Untuk satu hasil karya fiksi biasanya hanya menggunakan satu genre saja. Jika kamu memiliki kemampuan menulis novel berbagai genre, tentu ini menjadi akan sangat menguntungkan bagimu.
🖋️ Ada beberapa genre novel yang populer di Indonesia, di antaranya:
1. Romance
Romance identik dengan sebuah hubungan percintaan. Ya. Ngomongin cinta memang tidak ada habisnya. Mungkin itulah kenapa genre novel yang satu ini banyak dan mudah ditemui. Seperti yang udah agan ketahui, genre ini membahas percintaan. Bisa soal patah hati, terus nemu lagi kekasih yang baru, bisa tentang kisah cinta epik dari pertama kali bertemu sampai dipisahkan oleh ajal.Setting novel romance bervariasi, namun biasanya jenis novel romance mengambil setting di masa kini. Jadi jika kamu tertarik untuk menulis novel genre maka kamu bisa melihat dari kisah-kisah di sekitarmu atau bahkan ceritamu sendiri.
2. Fantasi
Bagi kamu yang tertarik menulis genre fantasi, kamu akan mendapat kesempatan untuk menulis cerita yang bisa menghipnotis pembaca untuk bisa masuk ke dalam dunia dalam cerita. Biasanya cerita hasil karya dengan genre ini akan bertolak belakang dengan kehidupan nyata serta penuh dengan imajinasi. Selain menampilkan keindahan imajinasi, hasil karya fiksi dengan genre fantasy juga akan menyampaikan pesan moral kepada pembacanya.3. Science Fiction
Membuat karya fiksi dengan genre science fiction hampir sama dengan genre fantasy. Yang membedakan ialah pengambilan latar waktu dan tempat di masa depan. Biasanya hasil karya dengan genre ini akan menghadirkan binatang atau makhluk lain yang memiliki intelektual tinggi bahkan melebihi manusia.4. Mistery
Genre karya fiksi mystery akan menghadirkan suatu permasalahan yang erat kaitannya dengan penculikan, pembunuhan ataupun tindakan kriminal yang membahayakan nyawa seseorang. Kisah dalam cerita bergenre mystery akan menghadirkan situasi yang berbahaya seperti aksi-aksi pengejaran tokoh antagonis.5. Horror
Genre horror memiliki ciri yang hampir sama dengan mystery. Hanya saja karya fiksi yang menggunakan genre ini akan melibatkan mitos-mitos supranatural ataupun kepercayaan yang beredar di masyarakat. Biasanya tokoh yang dihadirkan pada karya fiksi dengan genre ini yaitu manusia dengan makhluk gaib.Sumber Internet : 📋🪶🖋️
KAMU SEDANG MEMBACA
Goresan Pena
ContoDi sinilah tempat pengetahuan mengenai dunia literasi. Kita memberikan materi yang bersangkutan dengan literasi. Kami memulai materinya dari sejarah hingga sekarang, tentunya kami dibantu oleh beberapa rekan kerja kami. Salah satunya adalah Founder...