•• Perkembangan Sejarah Bahasa Indonesia ••

36 4 0
                                    

Rabu, 18 November 2020📋🖋️

✨ Bahasa Indonesia tidak terbentuk dengan sendirinya, namun merupakan pemisahan dan perkembangan dari bahasa Melayu. Anda pasti sudah mengetahui bahwa Indonesia dan Melayu lekat hubungannya, bahkan hingga saat ini masih ada beberapa daerah di Indonesia yang menggunakan bahasa Melayu.

✨ Namun, imperialisme bahasa ini ditangkis dengan mendirikan bahasa sendiri. Nama tersebut merupakan nama yang sering kita sebut dengan Indonesia.

✨ Penamaan bahasa Indonesia bermula seiring dengan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, dimana salah satu isinya menyebutkan “berbahasa yang satu yakni bahasa Indonesia”.

✨ Hal ini juga menjadi upaya penghapusan kesan imperialisme, yang mengambilnya dari bahasa Melayu masih dianggap sebagai bahasa Negara Indonesia.

✨ Perkembangan bahasa Indonesia mulai terlihat dari media massa, yaitu sebagai berikut.

1. Jumlah dan bentuk kata singkatan bahasa Indonesia terus bertambah.

2. Meningkatnya jumlah penggunaan istilah dan bahasa asing dalam surat kabar.

❄️ Peran pers dan media massa sangat besar dalam perkembangan bahasa, karena melalui berita yang disebar kepada masyarakat, berbagai istilah dan kata-kata baru mulai diperkenalkan.

❄️ Seperti hujat, kroni, konspirasi, arogan, KKN, proaktif, provokator, dan istilah-istilah lain yang sebelumnya tidak pernah digunakan.

❄️ Sejak saat itu, masyarakat mulai menggunakan istilah, ungkapan, kalimat, dan kata-kata yang resmi milik Indonesia.

❄️ Beberapa istilah yang digunakan memang sudah ada sejak lama, namun masih jarang dipakai, hingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa bahasa Indonesia memiliki kosa kata yang banyak.

Sumber : Internet📋🖋️

Goresan PenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang