Rabu, 14 Oktober 2020📋🖋️
•Sejarah Perkembangan Tulisan•
🔎 Sistem tulisan yang dikenal paling dahulu, mula-mula bergambar, tampaknya adalah sistem tulisan bangsa Sumeria (sekitar 3000 SM, di Mesopotamia). Beberapa pakar menunjukkan sebuah hubungan derivasi antara sistem tulisan ini dengan sistem tulisan Mesir Kuno dan bahkan sistem tulisan China. Meskipun berhubungan dengan sistem tulisan China tampaknya tidak mungkin ada. Tulisan Sumeria mula-mula digunakan hanya dalam konteks terbatas untuk keperluan administratif, ketimbang untuk komunikasi umum dan sastra. Tulisan ini kemudian diperluas rentangan dan pemakaiannya.
🔎 Mengawali sejarah kajian linguistik dengan hasil-hasil yang telah dicapai bangsa Yunani kuno. Hal ini dikarenakan alasan yang sederhana yaitu bahwa para pemikir Yunani tentang bahasa, dan tentang masalah-masalah yang ditimbulkan penelitian linguistik, mengawali di benua Eropa kaji-kajian yang dapat kita sebut ilmu linguistik dalam pengertian yang paling luas, dan bahwa ilmu ini merupakan suatu fokus minat yang berkelanjutan dari zaman Yunani kuno hingga ke zaman sekarang ini dalam suatu urutan kepakaran yang tidak ada putus-putusnya.
🔎 Tulisan yang semula dalam huruf bergambar atau tulisan yang diciptakan orang Mesir dan di tempat-tempat lainnya, secara terpisah, seperti di China dan Amerika Tengah. Tulisan silabik yang kemudian menjadi sumber abjad Yunani barangkali diciptakan dengan meniru tulisan Mesir, dan secara bertahap diubah.
🔎 Perkembangan apapun dari suatu sistem tulisan yang memungkinkan pencatatan secara visual, suatu bahasa sebagaimana bahasa itu diucapkan dan dipahami merupakan suatu hasil karya besar. Biasanya selama beberapa generasi dalam analisis linguistik yang secara khusus diterapkan atau diarahkan kepada kebutuhan-kebutuhan praktis. Akan tetapi, terlepas dari penemuan tulisan sebelumnya dan berlanjut dari tulisan itu, kita mempunyai contoh-contoh naskah Gramatiks Kuno dari Babilonia, yang berasal dari kurang lebih 1600 SM dan sesudahnya yang ditulis pada tablet dengan tulisan kuno berbentuk baji (cuneiformscript) yang menuliskan dalam bentuk contoh tasrif infleksi-infleksi kata ganti, kata kerja dan jenis kata lain dari bahasa Sumeria dengan padanannya dalam bahasa Akkadi (bahasa Babilonia).
🔎 Tujuan karya ini adalah untuk pelestarian pengetahuan tentang bahasa Sumeria suatu bahasa yang telah menjadi bahasa mati, namun banyak menuliskan kesusastraan Babilonia masa lalu.
🔎 Sejak zaman Pra-sejarah atau yang dikenal dengan zaman batu, manusia belum mengenal tulisan. Untuk penyampaian maksud, mereka membuat gambar di dinding-dinding gua. Masyarakat zaman batu umumnya sangat kreatif, selain membuat gambar-gambar mereka juga membuat beberapa patung - patung yang sangat primitif.
🔎 Zaman dengan pesat berkembangan, seiring dengan datangnya kebudayaan-kebudayaan baru, maka tulisan yang dibuat orang pada saat itu juga berubah.
⏹️ Aksara-aksara di dunia, secara umum dikelompokan dalam empat bagian besar:
1. Aksara PIKTOGRAF adalah jenis aksara yang berupa gambar-gambar.
2. Aksara IDEOGRAFIK adalah jenis ini dapat dilihat seperti tulisan China sekarang, aksara ini melambangkan benda-benda yang secar konkrit dapat dilihat atau dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Aksara SILABIK adalah aksara yang menggambarkan suku kata seperti halnya aksara India, Asia Tenggara Daratan dan beberapa dikepulauan Nusantara (Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan) dan juga di Jepang.
4. Aksara FONETIK adalah jenis aksara yang berupa lambang fonem (lambang Bunyi) seperti yang kita temukan pada aksara Yunani, Rusia dan Gotik. Perkembangan selanjutnya, setelah bangsa Romawi menyempurnakan aksara-aksara tersebut dan kita kenal dengan tulisan sekarang.
Sumber : Berbagai Internet📋🖋️
Sesi tanya-jawab
Nama || Pertanyaan
~~~~~~~~~~~~~
1. Hikmah|| Apakah hanya bangsa Sumeria yang menggunakan sistem tulisan bergambar pada sekitar 3000 SM?
Jawaban:
❄️Jawaban Pertanyaan Hikmah: Bangsa Sumeria adalah salah satu contoh bangsa yang menggunakan sistem tulisan bergambar, tentu ada banyak bangsa lain tapi tidak terkspos oleh Sejarah dan Arkeologi karena sumbernya kurang dan bukti penjelasannya. Tapi anda bisa melihat contoh tulisan bergambar Arab kuno dan Mesir Kuno seperti yanh diketahui, tulisan tidak hanya latin seperti sekarang tetapi Aksara atau simbol yang diyakini pada waktu itu juga disebut oleh Tulisan. Lebih lengkap penjelasan silahkan lihat buku Pak Prof.Dr Kuntowijoyo tentang 7 Unsur Kebudayaan disana juga dijelaskan mengenai tulisan kuno.2. Manda || aksara piktograf di gunakan di daerah mana ya kak?
Jawaban:
❄️Jawaban pertanyaan Manda: Aksara Piktograf banyak digunakan oleh masyarakat/ bangsa yang sudah mengenal menulis terlebih bergambar. Di Indonesia anda dapat menjumpai di Goa2 di pulau Ternate dan Tidtpta
KAMU SEDANG MEMBACA
Goresan Pena
Cerita PendekDi sinilah tempat pengetahuan mengenai dunia literasi. Kita memberikan materi yang bersangkutan dengan literasi. Kami memulai materinya dari sejarah hingga sekarang, tentunya kami dibantu oleh beberapa rekan kerja kami. Salah satunya adalah Founder...