Buckle Up, Folks!

41.9K 2.4K 83
                                    

Halooo, kind readers, pembaca yang baik hati,

Estuari Hati ini adalah novel kedua saya yang bercerita tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Kenapa saya mengangkat tema ini? Ada beberapa alasan, tetapi alasan terbesar adalah karena KDRT ini merupakan endemi, "penyakit" yang terus ada dan tidak akan pernah sepenuhnya hilang. Menurut WHO, 1 dari 3 wanita di dunia pernah mengalami kekerasan fisik dan seksual. Bahkan, 1 dari 4 wanita mengalami kekerasan yang dilakukan oleh pasangannya. Kejadian ini bisa menimpa siapa saja, tidak hanya perempuan dengan karakter permisif, tapi juga yang dominan, seperti Jovita di kasus ini.

Untuk itu, kita harus waspada banget nih, k-readers. Baik buat yang sudah menikah, maupun yang mau nikah. Pahami betul siklus KDRT sehingga bisa menyelamatkan diri dan tahu tindakan apa yang seharusnya diambil. Selain siklus KDRT, cerita ini juga akan memperlihatkan berbagai perilaku manipulatif yang menyebabkan sebuah hubungan menjadi toksik. Perilaku-perilaku yang seringkali tidak disadari oleh korban dan membuatnya sangat sulit menyelamatkan diri. Perlu digarisbawahi bahwa tidak ada pembenaran untuk segala bentuk tindak kekerasan. Save yourself! Agak miris melihat adanya pemahaman yang berkembang bahwa cukup dengan bersikap sabar, maka pada akhirnya akan membuat pelaku kekerasan berubah. Helllaaaawwww, situ bakalan keburu mati nanti! Perubahan perilaku dari pelaku itu gak bisa simsalabim, butuh tekad kuat dan intervensi khusus. 

Selain tentang KDRT, perilaku red flag, dan hubungan toksik, cerita ini juga akan menjabarkan rangkaian upaya untuk memulihkan diri dan pencarian makna hidup. Mudah-mudahan bermanfaat. Supaya tidak tegang bacanya, kamu akan diajak jalan-jalan ke lebih dari 1 benua, loh! Selain Indonesia, cerita ini akan membawamu menyusuri benua Australia dan Eropa Utara. Bukan cuma tempat-tempat indah, kamu akan diperkenalkan dengan fenomena alam, kuliner, bahasa, kebiasaan, filosofi, dan unsur budaya lainnya. Seru, 'kan?!

Kenapa dikasih judul Estuari Hati? Secara geografis, arti kata estuari di KBBI adalah perairan pantai setengah tertutup, tempat air laut bertemu dengan air sungai. Sementara, dalam konteks sastra, makna dari estuari sering kali melampaui definisi geografisnya. Secara simbolis, estuari dapat diartikan sebagai pertemuan atau perpaduan antara dua elemen berbeda, mencerminkan perubahan, harmoni, konflik, dan masih banyak lagi. Dengan membaca seluruh cerita ini, nanti kamu akan bisa melihat makna mendalam dari arti judul tersebut.

Saat ini, cerita ini sedang dalam proses penyuntingan untuk diterbitkan dalam versi cetak. Jadi, hanya akan ada beberapa bab yang bisa kalian baca. Ada beberapa perubahan pada versi cetak supaya kalian tetap bisa menikmati kejutan dan dinamikanya. Tunggu informasi pemesanannya, yaaa!

So ... buckle up, k-readers, this gonna be a bumpy emotional story!

Be kind, be humble, be the love.
-Kaia Karnika-

Estuari HatiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang