[] Sang Kiai dan Rahasianya

27 3 0
                                    

Sang Kiai dan Rahasianya
Oleh: annanyous

[] Action x Drama []

•••

Pesantren Darul Khairat, pesantren yang sudah berdiri sejak ratusan, maaf, puluhan tahun ini kalau dilihat dari luarnya seperti lingkungan pesantren dengan pagar di luar bangunan didalam pada umumnya. Tapi begitu masuk, maka akan ditemukan pesantren seperti biasa.

Bukan itu istimewanya, pesantren ini dipimpin oleh seorang Kiai yang terkenal karena perlakuan baik dengan bengisnya. Sebut saja beliau adalah Kiai Sahal Abdullah, Sang Kiai bukannya jahat. Hanya saja wajahnya membuat orang yakin beliau adalah mantan ketua preman pasar yang tobat setelah masuk pesantren dan mendalami ilmu agama sebelum akhirnya menjadi seorang Kiai.

Sang Kiai adalah seorang perantau dari Banjarmasin, walau begitu ia sudah berapa kali menetap, hanya saja selalu berakhir pindah kembali. Saat tinggal di Kalimantan Tengah, ia terpaksa pindah karena perang antar suku di pulau Kalimantan. Sang Kiai sudah pernah menggariskan takdirnya di berbagai kejadian luarbiasa. Luarbiasa kelam, karena dahulu Kiai adalah bagian dari para pemuda yang memberontak bahkan tega membunuh yang bukan sekutu.

Semua itu hanya masa lalu, sekarang sang Kiai adalah sang Kiai. Ia memimpin para santri dengan bijaksana seperti biasanya. Walau demikian tetap ada saja halangan dari dunia luar tentang caranya mengajar dan tentang betapa tuanya pesantren tersebut.

Seperti hari ini, Sang Kiai harus berhadapan dengan rentenir dan makelar bangunan serta orang-orang yang mengaku pemilik dari tanah pesantren tersebut. Sudah berbagai cara mereka membujuk, menyeret, bahkan menarik keluar sang Kiai dari tempat bersemayamnya tersebut. Sayangnya sang Kiai bagaikan akar yang tidak mau lepas dari dalam tanah bahkan setelah pohonnya dirobohkan.

Konon katanya sudah berbagai santet yang dikirimkan untuk Kiai, tapi nihil, Sang Kiai masih bisa menertawakan kebodohan orang yang mengirimkan santet padanya. Menurut gosip warga setempat, Sang Kiai bisa memakan semua kiriman santet padanya tanpa merasa sakit sama sekali.

"Lah memakan gimana? Dikira santet makanan," tuturnya sebelum tergelak di hadapan wajah santri yang tadi menceritakan soal santet tersebut. "Kalau saya makan santet, saya gak bakal kenyang dong cuma makan angin yang bawa santet."

Sang santri cuma garuk-garuk kopiahnya, mau bagaimanapun pria yang akrab disapa Abah Kiai oleh banyak santrinya itu ada benarnya.

"Kamu lebih percaya santet dari saya, Gus?"

Santri bernama Gusnawan itu segera menggelengkan kepalanya. "Enggak, anu, abah. Tadi cuma gak sengaja denger gosip tetangga saya." Jelas Gusnawan.

Sang Kiai cuma bisa geleng-geleng kepala. Sudah banyak anak yang mulai tidak mengaji karena gosip semacam ini. Mulai dari katanya pesantren itu banyak hantunya. Lalu hutan yang di dekat pesantren itu pernah punya kejadian mengerikan. Sampai-sampai pada gosip yang sangat mengada-ngada dimana Abah Kiai memelihara seekor naga untuk menjaga pesantren.

Gempita ShastraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang