Hampir setiap Rabu malam seperti ini, menjadi malam yang cukup sibuk bagi saya. Kelas XII SMK Islam Daarul Khoir saya beri tugas menjawab empat soal. Empat soal yang cukup membutuhkan jawaban panjang. Sengaja saya pilih soal seperti itu, untuk melatih budaya literasi diantaranya.
Saya meminta jawaban dikerjakan di blog pribadi mereka masing-masing. Blog yang mereka buat saat tugas sebelumnya. Blog buatan mereka saya lihat sudah baik sehingga harus diberdayakan, salah satunya sebagai sarana mengerjakan tugas. Kedepannya saya berharap mereka tetap memberdayakan hasil karyanya.
Kembali ke malam sibuk, sudah menjadi kebiasaan mereka melaporkan tugasnya. "Pak saya sudah ya", demikian bunyi konfirmasinya. Tidak ketinggalan melampirkan link url blog pribadinya. Satu persatu saya periksa dengan teliti. Selain mengoreksi jawaban, saya juga mengoreksi kerapihan penulisan. Untuk jawaban, semuanya hampir benar. Namun dalam hal kerapian masih banyak yang harus dikoreksi.
Dengan penuh kesabaran, saya bimbing perlahan-lahan sampai hasilnya rapi dan enak dibaca oleh pembaca. Satu siswa cukup memakan waktu cukup lama untuk mengoreksinya. Jika semua siswa tentunya membutuhkan waktu lebin lama lagi. Pastinya menjadi jam sibuk saya pada malam hari ini.
Jam sibuk seperti itu merupakan hal yang menyenangkan sebenarnya. Waktu yang dipakaipun tidak sia-sia, ada hasilnya. Puas dengan waktu, tenaga, dan pikiran yang saya keluarkan untuk kepentingan siswa. Tentunya akan bermanfaat bagi mereka. Saya yakin jam sibuk seperti ini akan bernilai ibadah dan amal saleh. Amin
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar di Tengah Corona
Non-FictionPelaksanaan belajar di masa pandemi covid-19