Kondisi yang menimpa dunia ini terkait wabah pandemi virus corana convid-19 membuktikan urgensi pembelajaran online di dunia pendidikan. Sebelumnya pembelajaran tersebut belum mendapat perhatian khusus dari sekolah maupun guru.
Dengan wabah corona, sekolah diharuskan menghentikan proses belajar secara offline atau pertemuan secara fisik. Selama keadaan darurat ini masih diberlakukan oleh pemerintah, maka proses belajar dilaksanakan secara jarak jauh atau belajar di rumah atau bisa bisa meminjam istilah pembelajaran online.
Kondisi seperti ini pula mendorong para guru mengenal dan menggunakan pembelajaran berbasis online agar proses belajar di rumah dapat berlangsung dengan baik. Sudah saatnya guru membuka diri dengan pembelajaran online dan segera membiasakan diri dengan pembelajaran seperti ini. Tidak ada alasan lagi guru menutup mata atas urgensinya dan mulai menggunakan salah satu dari berbagai macam perangkat lunak atau aplikasi penunjang pembelajaran online.
Belajar online secara umum adalah suatu pembelajaran yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan media berbasis komputer serta sebuah jaringan. Nama lain dari belajar online adalah pembelajaran elektronik, on-line learning, e-Learning, internet-enabled learning, web-based learning, atau virtual learning.
Saatnya di momen seperti ini, belajar online mulai diperkenalkan kembali di sekolah-sekolah dan para guru. Tanpa adanya wabah virus corona pun seharusnya tidak mengenyampingkan peran dari pembelajaran online ini. Para guru dapat memilih aplikasi yang paling mudah untuk memberikan memberikan informasi pembelajaran dengan berbagai media seperti video dan rekaman suara atau media interaktif lainnya. Guru saat ini tinggal memilih aplikasi yang disukai dan paling mudah dengan tetap memperhatikan kemampuan siswa, baik ketersediaan dana dan akses jaringan. Mari tetap mengajar walau dari jarak jauh.
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar di Tengah Corona
Non-ficțiunePelaksanaan belajar di masa pandemi covid-19