Hal yang perlu diperhatikan guru dalam pembelajaran online adalah pembelajaran ini jangan sampai membebani guru dan siswa. Mengingat tujuannya sebagai sarana memudahkan belajar mengajar. Perlu diingat syarat berlangsungnya pembelajaran online yaitu materi dan sarana. Apabila keduanya tidak siap maka sebaiknya guru tidak memaksakannya. Berilah tugas atau intruksi secukupnya sesuai tujuan belajar.
Untuk memudahkan pembelajaran ini, guru sebaiknya menempuh cara menyediakan sumber belajar yang mudah diakses. Sumber yang paling mudah digunakan oleh guru dan siswa. Jadi harus dilihat apakah siswa siap untuk mengakses sumber belajar tersebut. Cara yang lain adalah upayakan metode, tempat, dan waktunya fleksibel. Jangan terlalu kaku pada ketiga hal tersebut. Jika tidak fleksibel dikhawatirkan pembelajaran justru membebani.
Cara berikutnya bisa dengan kombinasi antara pembelajaran online dan offline. Apabila sekiranya ada yang tidak dapat disampaikan secara online solusinya dengan tatap muka secara langsung. Tapi dalam kondisi wabah corona seperti ini, upayakan hindari tatap muka yang melibatkan banyak orang.
Perlu diperhatikan pula bahwa pembelajaran online tidak harus selalu menggunakan video call, tugas terstruktur, atau soal-soal pada tiap sesi belajar. Kunci dari pembelajaran online ini adalah terjadinya proses belajar mengajar antara guru dan siswa. Terjadinya dialog dua arah, bukan satu arah. Agar hal itu terjadi berilah stimulus yang baik. Berilah respon bila siswa memerlukan penjelasan dan pertanyaan. Agar suasana cair, boleh diselingi dengan humor. Yang terpenting guru harus tetap mengontrol agar pembelajaran berlangsung dengan baik.
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar di Tengah Corona
SaggisticaPelaksanaan belajar di masa pandemi covid-19