Perlu ada cara agar belajar online tidak membosankan dan tidak membebani siswa. Memberikan latihan soal namun dalam betuk game atau permainan. Secara, mereka anak mileneial yang menggandrungi game. Tapi perlu diingat, tetap tidak menghilangkan esensi dari belajar itu sendiri.
Aplikasi game quizizz merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kejenuhan pada siswa di masa belajar dari rumah ini.
Hari ini saya punya hutang menjelaskan apa itu quizizz dan bagaimana cara menggunakannya. "Baik sekarang giliran saya jelaskan aplikasi yang satunya lagi ya, yakni quizizz". "Oke pak", jawab mereka satu persatu merespon di kamar grup. Mulailah saya menjelaskan, "quizizz itu sebuah web tool untuk membuat permainan kuis atau soal interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas". "Iya pak, terus", kata mereka penasaran.
"Nah dalam masa belajar dari rumah karena wabah covid-19 ini, ini salah satu kita belajar secara online", lanjut saya melanjutkan. "Iya pak bener banget", mereka menimpali dengan semangat.
"quizizz juga salah satu cara agar kalian tidak bosan saat belajar dari rumah karena aplikasi ini berupa permaianan atau game", saya jelaskan kegunaannya.
"Apalagi kuis yang diberikan secara online, tentu kalian akan menjadi lebih senang dan bersemangat", tambah saya lagi. "Iya pa benar banget tuh, kita sudah mulai bosen nih", curhat mereka menimpali.
"Terus caranya bagaimana pak?, tanya mereka. "Kalian bisa akses ke web join.quizizz.com, lalu sign up menggunakan akun google kalian, terus klik ikon join", jawab saya. "Lalu kalian memasukkan kode game yang nanti saya bagikan, kemudian masukkan nama kalian setelah itu pilih gabung". Lanjut saya menjelaskan. "Baik pak, kita coba", jawab mereka.
Lalu saya berikan kode game kepada mereka untuk bermain game menjawab soal IPS, "itu ya kode gamenya, silakan dimasukkan dan mainkan". "Baik pak, siap", jawab mereka.
Beberapa saat kemudian ada pesan masuk di grup dari beberapa siswa yang berhasil, "Alhamdulillah pak bisa, saya sudah jawab soal-soalnya". "Iya alhamdulillah, bagus".
Tapi ada beberapa juga yang masih gagal, "Aduh pak, saya tidak bisa bagaimana nih". "Jangan lupa sign up dulu email google kamu ya", saya pandu mereka. Beberapa saat mereka pun menjawab, "Ooo iya pak bisa".
"Baik, silakan teruskan yang belum selesai ya, boleh main beberapa kali ya", lanjut saya menutup panduan menggunakan quizizz. "Baik pak, seru juga pak jadi penasaran mau main lagi. Jawab mereka. "Iya itu saya atur bisa main berapa kali saja".
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar di Tengah Corona
No FicciónPelaksanaan belajar di masa pandemi covid-19