Aman dan terkendali ujian online kelas IX hari ini. Tidak ada pesan masuk berupa pertanyaan, kendala, dan arahan. Rupanya sudah mahir semua mengoperasikan ujian online di hari kedua ini. Hanya bertanya tentang tiga soal ujian yang membingungkan peserta. Ternyata memang ada kesalahan dari guru mata pelajaran dalam membuat soal. Hal itu memang sudah dikonfirmasi sebelumnya oleh guru yang bersangkutan. Soal ujian tersebut akhirnya dinyatakan sebagai bonus.
Alhamdulillah, bisa santai sambil menikmati kopi hitam panas dan gorengan hangat serta obrolan ringan bersama tetangga depan rumah. Sesekali memantau peserta ujian di laptop yang menampilkan halaman spreadsheet google form. Menit demi menit siswa yang menyelesaikan soal ujian nampak di layar. Saat tab respons menunjukkan jumlah sebanyak peserta ujian, mulailah merekap dan melaporkan ke wali kelas bahwa seluruh siswanya telah mengikuti ujian.
Jari-jari ini tidak sesibuk kemarin. Lebih bisa istirahat karena tak menari-nari menekan huruf demi huruf keyboard ponsel. Tak sepegal kemarin yang banyak menjawab pertanyaan dan kendala dari peserta.
Selepas jam 12.00 lanjut pembuatan soal ujian untuk esok hari. Ada satu soal lagi yang belum digarap. Tancap gas, satu persatu soal saya lahap dan tuntaskan. Perlahan dan pasti, setiap sepuluh soal saya selingi untuk mengecek mesin air yang saya gunakan untuk menyedot air tangki septik yang sudah penuh dan mulai mengalir ke jalan.
Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui hari ini. Pantau ujian sambil sedot tangki septik rumah. Ditambah menikmati kopi sambil bincang-bincang ringan dengan tetangga depan rumah. Alhamdulillah, semoga hari ketiga besok hampir sama dengan hari ini. Ujian lancar dan terkandala teknis. Aamiin.
KAMU SEDANG MEMBACA
Belajar di Tengah Corona
Non-FictionPelaksanaan belajar di masa pandemi covid-19