Salah satu dampak pandemi covid-19 adalah ditiadakannya Ujian Nasional, dalam hal ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk di madrasah kami kelas IX, sesuai dengan kesepakatan akan melaksanakan secara online.
Lalu bagaimana caranya? Kami akan menggunakan google form sebagai media dalam melaksanakan ujian akhir. Maka, dibentuklah tim pelaksana ujian. Untuk soal ujian diserahkan kepada guru mata pelajaran masing-masing. Yang tidak kalah penting yaitu pembuatan soal di google form. Ditunjuklah saya sebagai kordinator pembuatan soal tersebut.
Saya minta soal ujian agar disetorkan secepatnya beserta kunci jawabannya dalam bentuk soal pilihan ganda. Butuh waktu satu sampai dua hari untuk memastikan soal tersebut terkumpul. Hasilnya, alhamdulillah hari yang telah ditentukan terkumpullah soal ujian yang dibutuhkan. Selanjutnya, saya mulai mengerjakan pembuatan soal di google form.
Salah satu kelebihan mengerjakan di platform seperti google form adalah kemudahan dalam menyalin soal dari naskah aslinya semisal ms.word. Termasuk semua pilihan jawabannya, tidak perlu satu persatu. Dengan menyalin dari naskah asli, proses pembuatan soal ujian akan lebih cepat. Namun perlu ketelitian lebih, untuk memastikan kunci jawaban dan skor tiap soalnya.
Setelah satu soal ujian siap, tinggal menyiapkan link url untuk dibagikan ke peserta ujian. Namun perlu diingat, link url yang berasal dari google form terlalu panjang dan sulit untuk dihapal. Karena itu kita perlu menggunakan aplikasi penyedia nama link url. Agar nama link url-nya lebih pendek dan namanya sesuai dengan keinginan. Setelah itu hasil link url tersebut diserahkan ke wali kelas untuk diberikan ke peserta ujian sesuai jadwal ujian.
Saat ujian berlangsung besok, semoga berjalan lancar. Jika ada kendala dalam hal prosedur pengerjaan, bisa langsung dikonsultasikan ke saya melalui whatsapp.